by

Kolaka Berusia 61 Tahun, Ini Capaian Kinerja Pemkab Kolaka Tahun 2020

-Berita, Kolaka-39 views

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Kabupaten Kolaka yang dikenal dengan sebutan Bumi Mekongga kini memasuki usia 61 tahun. Lantas seperti apa capaian kinerja pemerintah daerah Kabupaten Kolaka sepanjang tahun 2020?

Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengatakan, upaya Pemkab Kolaka berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat di tahun 2020 terus ditingkatkan.

Disebutkan, pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Kolaka hingga saat ini telah mencapai 876,81 kilometer, baik berupa jalan aspal, kerikil, tanah maupun rigid beton.

Sementara dalam bidang perekonomian khususnya untuk sektor UMKM, Pemkab Kolaka telah memberikan berbagai bantuan dan stimulan.

“Terlebih pada masa pandemi Covid-19 ini, bantuan dan stimulan tersebut meningkat signifikan baik dari segi nilai maupun dari jumlah penerima,” ujar Safei dalam rapat paripurna DPRD Kolaka dalam rangka peringatan HUT Kolaka ke-61, Jumat (26/2/2021).

Selain meningkatkan infrastruktur jalan dan memberikan bantuan pada sektor UMKM, pada sektor pariwisata Pemkab Kolaka juga terus mengembangkan amenitas destinasi wisata dengan fokus ditujukan pada pembangunan prasarana umum, penyediaan fasilitas umum, dan pembangunan fasilitas pariwisata.

“Pengembangan SDM masyarakat juga menjadi bagian dalam strategi pengembangan destinasi pariwisata kita,” tuturnya.

Kemudian dalam bidang perekonomian, lanjut dia, Pemkab Kolaka berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 11,92 persen pada tahun 2019 menjadi 11,63 pada tahun 2020.

“Pemkab Kolaka juga telah berhasil meningkatkan capaian indeks pembangunan manusia dari 73,01 pada tahun 2019 menjadi 73,45 pada tahun 2020,” katanya.

Laporan : Azhar Sabirin

Topik Hari Ini