by

Kunjungan Kerja Gubernur di Buton Beri Banyak Saran Pengembangan Potensi

BAUBAU, TOPIKSULTRA.COM — Kunjungan kerja Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama rombongan organisasi perangkat daerah (OPD) provinsi ke Pulau Buton di hari ke tiga dan empat cukup padat peninjauan dan ‘berisi’. Sebab pada hari terakhir kunjungan, Gubernur didampingi Wali Kota Baubau dan Bupati Buton serta Sekretaris Daerah Buton Utara menyambut tim dari Kementerian Maritim dan Investasi (Marves).

Rombongan Gubernur Sultra dan OPD provinsi yang melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Buton. (Diskominfo Sultra)

Pukul 09.00 Wita, seluruh rombongan Gubernur yang bermalam di Kota Baubau baru merangsek menuju Kabupaten Buton. Sementara Gubernur sudah menunggu di Rujab Bupati Buton sejak malam. Tepat pukul 10.00 pagi, semua rombongan OPD telah mengaturkan diri di pelataran Rujab Bupati sambil berdiskusi ringan, melempar canda dan menikmati angin laut, menunggu arahan protokoler mempersilahkan masuk menemani Gubernur dan Bupati sarapan pagi di ruang tengah.

Suasana nampak guyub, setelah sarapan gubernur berdiskusi tentang banyak hal tentang bagaimana membangun pemerintahan yang amanah, membangun masyarakat yang sejahtera, dan menciptakan sumber daya manusia yang handal. Sekira pukul 12.30, Gubernur beserta rombongan ditemani Bupati dan Wakil Bupati serta Kapolres Buton melanjutkan kunjungan kerja di beberapa lokasi.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, melakukan kunjungan di Pelabuhan Banabungi. (Diskominfo Sultra)

Kunjungan pertama di Pelabuhan Banabungi. Gubernur ditemani Kadis Perhubungan Hado Hasina, yang menjelaskan perlunya rehabilitasi pelabuhan tersebut. Kemudian meninjau Tempat Pelelangan Ikan Banabungi.

Saat diwawancarai, Gubernur memberi pernyataan bahwa pembangunan TPI tersebut dilakukan di periode pertama Ali Mazi memimpin Sultra. Oleh sebab itu, ia mengingatkan agar pemerintah Kabupaten Buton merawat, memelihara, dan menjaga TPI yang kini memiliki coolstorage itu.

Selanjutnya Gubernur mengunjungi Kantor Bupati, meninjau lapangan upacara dan kegiatan masyarakat. Ia menyarankan agar dibangun dengan baik dan diperluas, agar dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dalam kegiatan besar, juga menjadi spot wisata.

Gubernur meninjau lokasi di Buton untuk rencana arena Porprov 2022. (Diskominfo Sultra)

Gubernur lalu meninjau lapangan olah raga yang dibangun untuk persiapan Porprov 2022 di Kabupaten Buton. Karena medan yang cukup berat dan terjal, gubernur beserta rombongan tidak mencapai titik pembangunan. Lantas menggunakan drone melihat kondisi lokasi pembangunan lapangan olah raga dimaksud.

Sebelum rombongan kembali ke Rujab, Gubernur mengunjungi eks Kantor Bupati yang direncanakan digunakan untuk pembangunan Politeknik Ilmu Perikanan. Hal ini digagas Gubernur bersama Bupati Buton karena potensi sumber daya perikanan di Buton cukup besar.

Gubernur mengunjungi eks Kantor Bupati yang direncanakan digunakan untuk pembangunan Politeknik Ilmu Perikanan. (Diskominfo Sultra)

Setelah beristirahat beberapa menit menikmati hidangan teh dan kopi panas disertai gorengan untuk sedikit mengurangi keletihan, rombongan bertolak kembali ke Kota Baubau. Di sana, Gubernur mengisi kegiatan pengambilan testimoni ucapan selamat atas mergernya Bank Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia tbk.

“Semoga menjadi bank yang handal dan dapat bekerjasama membangun Sulawei Tenggara,” ucap Gubernur dalam testimoninya, seperti dikutip Kadis Kominfo Sultra, M Ridwan Badallah. Pengambilan testimoni tersebut merupakan akhir giat kunjungan kerja Gubernur Sultra di hari ketiga, yang selanjutnya beristirahat di Hotel Zenith Baubau. (adv)

Topik Hari Ini