by

Sandiaga Uno Perkenalkan Pakaian Adat Kaledupa di Hadapan Tamu Asal Hungaria

WAKATOBI, TOPIKSULTRA.COM — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memperkenalkan pakaian adat dengan motif tenun ikat asal Desa Pajam, Kecamatan Kaledupa Selatan, Kabupaten Wakatobi pada saat pertemuan dengan Menteri Luar Negeri dan perdagangan Hungaria pada Hari Selasa 16 Februari 2020.

“Saya memperkenalkan pakaian adat yang hari ini saya gunakan yakni motif tenun ikat Kaledupa,”

Pertemuan yang berlangsung di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu guna membahas potensi kerjasama antara negara, teutama dalam pengembangan pariwisata dan hasil kerajinan tangan serta potensi pemberdayaan pengrajin tenun.

“Setiap Selasa kami memakai pakaian nasional, kali ini saya memakai pakian dari bagian tenggara dari Sulawesi. Kepulauan Wakatobi,” jelasnya di hadapan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria, HE Peter Szijjarto (16/02) seperti diposting pada laman Fanpage Facobook Sandiaga Salahuddin Uno.

Politikus dari Partai Gerindra ini juga menuliskan bahwa pakaian adat yang ia kenakan di desian oleh desianer asal Sulawesi Tenggara yang telah mendunia, yaitu Kusmito Herman Prasetyo.

“Kusmito merupakan pengrajin tenun binaan Dekranasda Sulawesi Tenggara,” tambahnya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif dalam pengembangan potensi lokal seperti promosi kain tenun dari berbagai daerah di nusantara memprioritaskan pengrajin lokal dalam pembinaan dan pegembangan sehingga dapat membuka lapangan kerja seluas luasnya.

“Dalam pertemuan ini saya juga menyampaikan salam hangat kepada Perdana Menteri Viktor Orban,” tambahnya.

Laporan : Hendriansyah

Topik Hari Ini