by

Forsda Sultra : Bubarkan dan Periksa Tim Komite CSR VALE

-Berita, Kolaka-179 views

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA — Forum Swadaya Masyarakat Daerah (Forsda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan unjuk rasa di depan Kantor Kejaksaan Negeri Kolaka hingga di Kantor DPRD Kolaka, Rabu (9/6/2021).

Forsda Sultra mendesak agar Komite CSR PT VALE yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka dibubarkan, serta mendesak Kejaksaan Negeri Kolaka memeriksa tim Komite yang mengelola dana corporate social responsibility (CSR) PT VALE.

Ketua Forsda Kolaka, Jabir Lahukuwi menyebutkan, PT VALE menyalurkan dana CSR sekitar Rp 9 miliar kepada Pemkab Kolaka. Dana CSR itu kemudian dikelola oleh Komite CSR bentukan Pemkab Kolaka yang berada dibawah komando Asisten 2 Setda Kolaka, Mustajab selaku Koordinator Komite CSR PT VALE.

Menurutnya, pembentukan Komite CSR PT VALE tidak memiliki dasar hukum yang jelas. Selain itu, pihaknya juga menyoroti tidak transparannya penggunaan anggaran CSR PT VALE yang dikelola oleh Komite CSR.

Pihak yang terlibat dalam Komite CSR PT VALE, kata Jabir, mengelola anggaran yang cukup fantastis yakni senilai Rp 9 miliar untuk mengerjakan 12 jenis kegiatan. Parahnya lagi pihak-pihak yang dipercayakan untuk mengerjakan 12 jenis kegiatan itu tidak melalui mekanisme pelelangan.

“Mereka ini kelola anggaran yang cukup besar. Bahkan dalam papan proyek itu tidak tertulis anggarannya, berarti kan memang mereka sengaja sembunyikan. Yang lucu adalah mereka yang kelola anggaran komite mereka juga yang pantau. Ini yang lebih fatal sebenarnya,” katanya.

Karena itu, pihaknya melakukan unjuk rasa mendesak DPRD Kolaka untuk menyurat ke Pemda Kolaka agar membubarkan Komite CSR. Apabila DPRD Kolaka tidak menyikapi aspirasi tersebut, pihaknya khawatir akan terjadi konflik antara masyarakat yang berada di sekitar area pertambangan PT VALE dengan Pemda Kolaka.

“DPRD Kolaka harus menyikapi aspirasi masyarakat yang menginginkan Komite CSR PT VALE dibubarkan karena sudah tidak sesuai dengan aturan lagi,” tegasnya.

Selain mendesak DPRD Kolaka merekomendasikan pembubaran Komite CSR PT VALE bentukan Pemkab Kolaka, Forsda Sultra juga meminta pihak Kejari Kolaka untuk memeriksa tim Komite CSR yang mengelola anggaran CSR PT VALE.

Ketua DPRD Kolaka, Syaifullah Halik mengaku sependapat dengan tuntutan massa aksi. Pasalnya, sejak pembentukan Komite CSR, pihak DPRD tidak pernah mengetahui proses pembentukan Komite tersebut.

“Kita juga sebenarnya kecewa karena pembentukan komite ini tanpa sepengetahuan DPRD. Kami tidak memiliki kewenangan untuk membubarkan komite ini tapi kami akan menyurat ke Bupati Kolaka untuk evaluasi ini, kalau perlu orang-orang yang terlibat diganti,” kata Syaifullah.

Terkait desakan Forsda Sultra agar memeriksa tim Komite CSR, Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka, Indawan Kuswadi akan segera mengundang sejumlah pihak yang mengelola CSR PT VALE.

“Kalau embubaran Komite CSR PT VALE bukan merupakan kewenangan Kejaksaan, namun kami hanya bisa memonitor apakah ada tindak pidana korupsi yang merugikan negara disitu,” jelasnya.

Laporan : Azhar Sabirin

Comment

Topik Hari Ini