by

Gandeng Pemateri Dari Detik.com, Diskominfos Bombana Gelar Bimtek KIM

TOPIKSULTRA.COM, BOMBANA — Dengan menggandeng pemateri dari Detik.com, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfos) Bombana menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) secara zoom meeting di Kantor Diskominfos setempat, Kamis, (17/6/2021).

Kadis Kominfos Bombana, Sofyan Baco melalui Kepala Seksi Pengelolaan informasi, Nasriadi mengatakan, bimtek virtual yang melibatkan pemateri dari Detik.com tersebut guna mendalami pemahaman jurnalistik yang nantinya akan di ajarkan ke anggota KIM.

Sebab penyusunan laporan dari masing-masing perwakilab KIM di 122 Desa dan 22 Kelurahan di Kabuten Bombana tersebut dipersyaratkan memenuhi unsur jurnalistik, yakni 5 W + 1 H.

Nantinya masing-masing KIM dari setiap desa dan kelurahan akan melaporkan setiap kegiatan di desa kelurahannya seperti kemasan dalam pembuatan laporan berita.

“Hampir sama dengan admin OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Kecamatan. Dilaporkan kegiatan di desanya. Jadi nanti satu kelompok 1 desa. mininal tiga maksimal lima orang keanggotaanya,” urainya usai mengikuti rapat,” Kamis, (17/6/2021).

Selanjutnya, Nasriadi menjelaskan, sebelum pada akhirnya di kirim ke Admin kecamatan, laporan tersebut akan disusun dan diperiksa ulang oleh anggota KIM yang strukturnya meliputi ketua sekretaris dan anggota di desa, kelurahan.

“Bisa dibilang ini juga mempermudah admin kecamatan. karena tidak selamanya mereka ada di desa. Dengan adanya ini, kegiatan di desa bisa dijangkau,” kata Nasriadi.

Ia menambahkan, Kominfos Bombana juga akan membuat ruang grub bersama seluruh anggota KIM sekabupaten Bombana. Tujuannya untuk mempermudah komunikasi, kontrol dan pengarahan dari pihak admin Kominfos setempat.

“Lewat grub itu juga kita bisa berikan bahan-bahan edukasi,” ujarnya.

Untuk diketahui rapat virtual ini terlaksana hari ini, dan baru diikuti empat desa termasuk kelurahan. Rencananya akan di gelar hingga besok, jumat, (18/6/2021).

Laporan: Refli

Comment

Topik Hari Ini