by

Gadis Desa di Kolut Ini Hanya Bisa Pasrah, Ini Sebabnya…

TOPIKSULTRA.COM, LASUSUA — Seorang gadis asal Desa Tanggaruru Kecamatan Porehu-Kolaka Utara (Kolut), Irma (42), kini hanya bisa terbaring pasrah, akibat mengidap penyakit kanker payudara stadium empat.

Muh.Rijal, adik kandung Irma mengatakan, kanker payudara yang diderita kakaknya mulai dirasakan sejak akhir Desember 2020. Awalnya ia merasakan gatal-gatal pada payudaranya, namun dianggapnya hanya penyakit biasa. Setelah sekian lama, benjolan dipayudara semakin membesar dan muncul bintik merah dan akhirnya pecah pada bulan Mei lalu.

“Kondisinya semakin drop dan tekanan darahnya cukup tinggi saat itu, ” kata Ridjal kepada TOPIKSULTRA.COM, Sabtu, (24/7/2021), di temui di kediamannya Desa Tanggaruru.

Menurut Ridjal, berdasarkan keterangan dokter yang menangani di Puskesmas Batuputih, disimpulkan penyakit yang diderita Irma sudah masuk stadium akhir karena sudah pecah.

“Kata dokter di Puskesmas, walaupun dirawat, diinpus, dan dikasih obat generik, penyakitnya berat untuk disembuhkan,” tuturnya.

Lepas dari pengobatan Puskesmas, kata Ridjal, kakaknya menjalani pengobatan dukun kampung. Rencana untuk membawa Irma ke Rumah Sakit Djafar Harun Lasusua, terkendala biaya dan belum memiliki kartu BPJS. Sedangkan pengurusan BPJS jangka waktunya 15 hari baru bisa terbit.

Saat ini, Ridjal dan keluarga berharap ada uluran tangan dari pemerintah dan para dermawan untuk bisa membantu kesembuhan kakak perempuannya yang sudah lama terbaring diatas tempat tidur.

Ketua BPD Desa Tanggaruru, Arsan, mengatakan pihaknya sudah koordinasi dengan Dirut RSUD Djafar Harun untuk membawa pasien Irma. Walaupun awalnya, keluarga Irma belum bersedia karena belum mengantongi kartu BPJS. Namun direktur RS Djafar Harun mengatakan tidak masalah. “Direktur RS bilang, bawa saja ke sini sambil mengurus BPJS, ” kata Arsan.

Setelah berkordinasi dengan Direktur RSUD Djafar Harun, Sabtu siang, (24/7/2021), pasien Irma akhirnya dirujuk ke rumah sakit. Beberapa dermawan yang sudah mengetahui kondisi Irma memberikan bantuan, termasuk dari Pemerintah Desa Tinuna turut hadir memberikan bantuan kepada warga Desa Tanggaruru.

Laporan : Ahmar

Comment

Topik Hari Ini