by

Inovasi Mahasiswa UMW Kembangkan Daun Jambu Mete Menjadi Sabun Kertas Cuci Tangan

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI — Pencegahan terhadap penularan virus Covid-19 dapat dilakukan salah satunya dengan cuci tangan. Kemudahan dalam mencuci tangan menjadi alasan bagi mahasiswa UMW kendari untuk berinovasi dalam pengembangan sediaan sabun cuci tangan berbentuk kertas. Sabun cuci tangan yang ringan, mudah dibawa kemana-mana serta punya khasiat dari herbal menjadi acuan pembuatan sabun cuci tangan kertas. Selaian itu, sabun juga dianggap lebih praktis dibanding handsanitizer yang mudah tumpah saat digunakan.

Kegiatan mencuci tangan dengan sabun dianggap lebih efektif membersihkan kuman ketimbang hanya menggunakan handsanitizer. Oleh karenanya, sekelompok mahasiswa Universitas Mandala Waluya (UMW) mengembangkan tanaman herbal daun jambu mete dengan khasiat anti bakteri menjadi bentuk sabun yang lebih praktis dari yang beredar di pasaran.

“Membawa handsanitizer menjadi suatu kebiasaan baru dimasa pandemi, tetapi handsanitizer yang mudah tumpah dan wajahnya yang kadang cukup besar cenderung dianggap ribet dan tidak lebih bersih dibanding dengan cuci tangan. Sabun dalam bentuk lembaran kertas dengan kandungan bahan alam diharapkan dapat memudahkan proses membersihkan tangan, sehingga bisa meningkatkan kebiasaan masyarakat dalam mencuci tangan” kata Nur Hatidjah, selaku dosen pendamping penelitian mahasiswa.

Lanjut Nur Hatidjah, “sudah banyak jurnal yang membuktikan daun jambu mete punya aktivitas anti bakteri yang terbukti efektif dalam membunuh dan merusak membran sel bakteri”.

Bahan utama sediaan sabun kertas ini menggunakan bahan alam daun jambu sehingga dapat membantu kinerja sabun dalam membersihkan tangan. Bentuk sabun menjadi helaian kertas dianggap inovasi yang dapat dikembangkan untuk dikomersialisasikan. Kemudahan penggunaan dan praktis untuk dibawa menjadi poin lebih untuk bentuk sediaan ini.

Nur Hatidjah juga menjelaskan bahan yang digunakan dalam pembuatan sabun kertas ini selain menggunakan bahan alam ektrak daun jambu mete juga mengandung bahan  pembentuk sabun dari VCO (Virgin Coconut Oil) dan minyak jarak, juga terdapat pelembut didalamnya. Penelitian yang dilakukan oleh tim penelitian dosen dan mahasiswa sudah mulai membuat sabun cuci tangan kertas skala kecil hingga sedang yang dapat digunakan mulai dari lingkup kampus.

Laporan : Mail

Comment

Topik Hari Ini