by

Kemenkumham Sultra Siap Bersinergi Industri Kreatif Kolut

TOPIKSULTRA.COM, LASUSUA — Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Tenggara, siap mendukung dan bersinergi pelaku usaha industri kreatif di Kabupaten Kolaka Utara.

Hal ini disampaikan Kepala divisi pelayanan Hukum dan HAM Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Tenggara, Maktub, pada acara pembukaan promosi dan diseminasi hak kekayaan intelektual komunal di bidang ekonomi kreatif bagi masyarakat.yang bergerak di bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), di Aula rapat lantai III kantor bupati Kolaka Utara, Selasa, (14/9/20210.

Kemenkumham kata Maktub, siap mendukung terwujudnya layanan hukum dan hak asasi manusia khususnya di bidang perlindungan hak kekayaan intelektual terhadap industri kreatif mesyarakat dan pembentukan produk hukum daerah Kabupaten Kolaka Utara, yang semakin berkualitas dan berperspektif HAM.

Dalam rangka mendukung sinergi tersebut, Kemenkumham menawarkan kerjasama melalui kesapahaman bersama. Pada kesempatan tersebut, kemenkumham juga menyerahkan sertifikat kekayaan intelektual milik pemda Kolut serta kegiatan promosi dan diseminasi kekayaan intelektual komunal kerjasama Dinas Pariwisata Kolut.

Menurutnya, banyak sekali produk hukum yang bisa dikerjasamakan dengan kantor Kemkumham, diantaranya pemberian pemahaman dan bimbingan terkait kekayaan intelektual serta pendaftaran nasional yang sifatnya berbadan usaha.

“Kehadiran kami di Kolaka Utara adalah untuk memperkenalkan produk-produk yang ada di kementerian Hukum dan HAM serta berbagi informasi, gagasan dan wawasan serta bersinergi dengan para intelektual yang terkait dengan UMKM utamanya yang bergerak di bidang properti,” ujarnya.

Menurutnya, industri kreatif banyak mengandung makna; ada produk,ada aplikasi, bahkan ada sesuatu yang bisa mendatangkan keuntungan banyak bagi masyarakat umum.

“Kita berharap ada sesuatu produk yang khusus dari Kolaka Utara yang akan menjadi ciri khasnya atau indikasi geografisnya, maka kami punya kepentingan untuk memperkenalkan 11 produk yang dimiliki kemenkumham,” katanya.

Menurutnya, dalam satu produk saja bisa menjadi 5 produk, salah satunya adalah produk intelektual diantaranya merk,hak cipta,market dan lainnya.

Sementara, Wakil Bupati Kolaka Utara,H.Abbas, berharap kehadiran pihak kementerian hukum dan Ham dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada masyarakat yang ada di wilayah kabupaten Kolaka Utara untuk membangkitkan perekonomian, utamanya para pengusaha menengah dan kecil ke bawah untuk mendapatkan bantuan modal dari perbankan.

Laporan : Ahmar

Comment

Topik Hari Ini