by

Dinas Pendidikan Asmat Peringati HUT PGRI dan Hari Guru dengan Apel Bersama

TOPIKSULTRA.COM, ASMAT — Dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional Tahun 2021, Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat melaksanakan apel bersama yang dilaksanakan di Lapangan Museum Keuskupan Agats Asmat, Kamis (25/11/2021).

Staf Ahli Bupati Asmat Bidang Politik dan Hukum Pieter Dallung betindak sebagai pembina apel. Saat amanah pembina Pieter Dallung membacakan teks pidato menteri pendidikan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2021.

“HUT PGRI dan Hari Guru Nasional, dimaknai bahwa guru merupakan tulang punggung pendidkan. Oleh sebab itu, jati diri PGRI sebagai organisasi profesi, organisasi perjuangan dan organisasi ketenagakerjaan yang bersifat independen, yang harus dijaga dan melekat dalam dada, guru harus memperbaharui diri agar senantiasa adaptif dan responsif terhadap perubahan zaman yang terus berkembang,” ucapnya membacakan.

Disampaikannya juga bahwa dua tahun terakhir kita dihadapkan dengan pandemi covid-19, sehingga kharus belajar dengan tatap muka secara terbatas, pembelajaran dilakukan secara daring maupun bauran dengan pembelajaran daring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Oleh sebab itu kesehatan dan keselamatan anak didik, pendidik, tenaga kependidikan menjadi prioritas utama dan terutama,” urainya.

Dalam naskah itu juga disampaikan PGRI harus mengedepankan sifat terbuka (inklusif), memegang teguh etika, saling menghormati spirit organisasi yang mandiri, dan menjadi contoh dalam pendidikan karakter dan jangan muda meninggalkan kelas, kualitas pendidikan yang harus kita berpegang teguh.

PGRI adalah mitra stategi pemerintah dan pemerintah daerah untuk memajukan pendidikan dan menyelesaukan berbagai persoalan dengan arif dan bijaksana, dan tercapai sinergi yang optimal, untuk mencapai pendidikan Nasional yang bermutu untuk Indonesi unggul.

“Bangkit Guruku, Negeriku Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh,” tambah Pieter.

Apel yang juga dihadiri ketua DPRD Yoel Manggopraw, Kapolres Asmat, Perwira Penghubung Kodim 1707, Pimpinan OPD, serta tamu undangan.

Pelaksanaan apel bersama juga diikuti oleh segenap guru TK/Paud, SD, SMP, SMA/SMK, se Kota Agats.

Apel bersama tersebut berlangsung hikmat, dengan iringan lagu Himme Guru yang dibawakan oleh guru-guru SMA Yan Smit. Untuk diketahui, apel dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, diikuti oleh guru se-Kota Agats.

Laporan: Hendriansyah

Comment

Topik Hari Ini