by

Fokus Infrastruktur, 65 Sub Pekerjaan Prioritas Kolut 2022

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA — Pemkab Kolaka Utara kini fokus pada pembangunan infrastruktur. Tercatat ada 65 sub kegiatan yang menjadi prioritas tahun 2022.

Kadis PUPR Kolut, Mukramin, merinci, dari 65 sub kegiatan, termasuk termasuk pembangunan rumah dinas bupati dan wakil bupati. Berikut rincian proyek yang akan dilaksanakan tahun 2022; pembangunan perkuatan tebing di Sungai Desa Latowu kecamatan Batuputih, Desa Pumbolo, dan kecamatan Wawo; pembangunan pengaman abrasi pantai di Desa Lawata kecamatan Pakue Utara; rehabilitasi pembangunan daerah Irigasi permukaan di dua desa yakni Pasampang yang menelan anggaran sebesar Rp1 miliar dan Desa Salulotong Kecamatan Pakue Tengah anggarannya sebesar Rp1,143 miliar.

Selain itu, kata Mukramin, terdapat 8 item sasaran perluasan Spam jaringan perpipaan di kawasan pedesaan, diantaranya; Desa Delang-Delang, Desa Meeto kecamatan Kodeoha, Desa Lani – nipa kecamatan Katoi,Desa Mosiku,Kecamatan Batuputih,Desa Pumbolo kecamatan Wawo,Desa Salulotong kecamatan Pakue Tengah, Desa To’bela
Kecamatan Porehu, dan Desa Toro Tuo Kecamatan Rante Angin.

Selain itu, ada proyek sambungan perpipaan ke rumah warga di Desa Rante Limbong Kecamatan Lasusua, pembangunan TPS 3 R di Kecamatan Lambai dengan jumlah anggaran sebesar Rp570 juta, pembangunan sub sistem pengelolaan sanitasi individual dan tangki Safety komunal individual pedesaan antara lain Desa Jabal Kubis, Kelurahan Mala-Mala, Desa Awo Kecamatan Kodeoha, Desa Pohu,dan Desa Iwoi Tombo Kecamatan Lambai, Desa Beringin,Desa Purau Kecamatan Ngapa, Desa Latawe,Desa Walasiho, Desa Wawo Kecamatan Wawo, Kelurahan Batuputih Kecamatan Batuputih, Desa Katoi Kecamatan Katoi, Desa Kasumeeto Kecamatan Pakue, Desa Pakue Kecamatan Pakue Utara, Kelurahan Rante Angin Kecamatan Rante Angin.

Sedangkan, pembangunan drainase perkotaan yang ada di kelurahan Olo – Oloho kecamatan pakue dan pembangunan drainase lingkungan yang beralamat di Desa Tambuha Kecamatan Watunohu, Desa Jabal Kubis kecamatan Kodeoha Desa Katoi Kecamatan Katoi.

Untuk anggaran pembangunan rumah dinas bupati dan wakil bupati lengkap dengan pendukung lainnya seperti peningkatan jalan kawasan kompleks pembangunan, drainase dan talud di area kompleks rumah dinas bupati dan wakil bupati, menelan anggaran Rp 33.241.550.000,-

Sementara, penataan bangunan dan rekontruksi jalan meliputi; lanjutan pembangunan peningkatan jalan pengaspalan yang beralamat desa Totallang Latawaro dengan jumlah total anggaran yang bersumber dari DAK reguler sebesar Rp6.749.370,- peningkatan jalan pengaspalan yang beralamat di desa Majapahit – Desa Lanipa Kecamatan Pakue Tengah yang bersumber dari dana DAK penugasan sebesar Rp6.221.609 ,-

Selain dari peningkatan jalan, juga masih ada rabat beton di Desa Bukit Baru Kecamatan Batu Putih dengan jumlah anggaran Sebesar Rp200
juta, dan di Desa Maruge Kecamatan Katoi, Desa Mataleuno kecamatan pakue Utara, Desa Porehu,Desa Sarambu Kecamatan Porehu,Desa Woise kecamatan Lambai dan rabat jalan pekuburan Indewe kelurahan Lasusua. Kemudian pembenahan medan jalan yang menghubungkan persimpangan jalan ke jembatan Desa Watuliwu kecamatan Lasusua.

Kemudian pembangunan plat Duecker di Desa Ponggiha kecamatan Lasusua yang masih rangkaian kegiatan TMMD Desa Totallang dan Desa Puncak Monapa Kecamatan Lasusua. “Untuk TMMD total anggarannya Rp1,4 miliar,” kata Mukramin kepada TOPIKSULTRA.COM, Selasa, (23/11/2021), di ruang kerjanya.

Mukramin menegaskan, pelaksanaan pembangunan infrastruktur dapat tetap berjalan dengan baik dan dapat diselesaikan sampai tuntas tahun 2022. “Kita utamakan pekerjaan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat, sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan di tengah masyarakat,” tuturnya.

Laporan : Ahmar

Comment

Topik Hari Ini