by

Lulus USN dengan IPK 3,95, Ini Kisah Inspiratif Seorang Anak Petani

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA — Musliha, mahasiswi Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sembilanbelas November (USN) berhasil menjadi lulusan terbaik pada wisuda USN ke-10. Ia menjadi lulusan terbaik setelah mendapatkan IPK 3,95 selama masa studi 3,8 tahun.

Saat ditemui usai pelaksanaan wisuda USN ke-10 di salah satu hotel di Kolaka, Rabu (24/11/2021), perempuan kelahiran Desa Lambolemo, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka itu bercerita perjuangannya selama menempuh pendidikan strata satu di kampus merah marun itu.

Selama menempuh pendidikan, anak bungsu dari 6 bersaudara itu merasakan kesulitan biaya. Bahkan, ia mendapat penolakan dari orang tua untuk melanjutkan pendidikan S1.

“Saat lulus SMA, bapak larang saya untuk kuliah, tapi saya tak tidak patah semangat. Saya kemudian buktikan bisa cepat lulus kuliah dengan cumlaude,” katanya.

Ia mengaku sempat mendapatkan beasiswa PPA, namun beasiswa itu hanya berlangsung satu semester.

Untuk mencukupi kebutuhannya, ia menyediakan jasa pembuatan makalah tugas bagi teman-temannya. Selain itu, ia juga membagi waktunya untuk bekerja di tempat laundry.

“Alhamdulillah dari situ bisa sedikit membantu uang jajan selama kuliah,” katanya.

Meski tak dapat dukungan dari orang tuanya, ia sadar akan keresahan orang tuanya untuk membiayai kebutuhannya selama kuliah, apalagi orang tuanya hanyalah seorang petani. Ia berharap prestasi yang diraihnya mampu membuat orang tuanya bangga dan bahagia.

“Bagi saya bapak itu patriot, mama sesuatu yang tak bisa didefinisikan dengan kata-kata,” tandasnya.

Setelah menyelesaikan pendidikan S1 nya, ia berharap dapat dukungan dari orang tuanya untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Laporan: Azhar Sabirin

Comment

Topik Hari Ini