by

Pemkab Kolut Biayai Kuliah 4 Dokter, DPRD Minta Anggaran Pendidikannya Ditambah

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA — Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengalokasikan anggaran pendidikan 4 calon dokter spesialis untuk melanjutkan pendidikan pada tahun 2022 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, DPRD Kolut mengusulkan agar biaya pendidikan yang telah mendapat rekomendasi Bupati Kolut tersebut ditambah karena dianggap masih kurang.

“Sesuai hasil pembahasan pada pra-RAPBD telah ditetapkan besaran biaya Pendidikan per tahun untuk keempat orang dokter tersebut sebesar Rp 120 Juta. Kami menilai besaran biaya tersebut sangat minim sekali untuk ukuran biaya Pendidikan seorang dokter spesialis,” kata Anggota Fraksi Partai Bulan Bintang, Yuli Muliana pada Selasa (16/11/2021).

Yuli Muliana meminta, untuk 1 dokter yang melanjutkan pendidikanya di Universitas Indonesia perlu mendapatkan biaya RP 100 juta dari sebelumnya Rp 30 juta dengan pertimbangan kuliah di Pulau Jawa.

Sementara untuk 3 dokter yang menempuh pendidikan di Universitas Hasanuddin mesti memperoleh 80 juta dari biaya sebelumnya 30 juta.

“Sebelum mengusulkan permintaan rekomendasi kepada Bupati untuk dokter yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi agar mempertimbangkan matang-matang karena biaya yang akan digunakan untuk mengambil spesialis sangat mahal,” kata Yuli.

Menanggapi usulan tersebut, Sekretaris Daerah Kolaka Utara, Taufiq Sonda mengatakan akan mengonfirmasi ulang kepada OPD terkait.

“Kita akan konfirmasi ulang dengan OPD yang bersangkutan dalam waktu dekat ini, apakah memang hal tersebut memungkinkan,” katanya.

Laporan: Ahmar

Comment

Topik Hari Ini