by

Dipimpin Tafdil Dua Periode, Bombana Langganan WTP

TOPIKSULTRA.COM, BOMBANA — Pengelolaan keuangan Kabupaten Bombana di periode kedua Tafdil bersama Johan Salim patut diacungi jempol. Pasalnya, seperti pada periode awal saat dinahkodai Tafdil, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sultra kembali menjadi hal yang biasa diraih.

Saat ini telah tercatat delapan kali predikat opini WTP diraih Kabupaten Bombana. Di antaranya, empat penghargaan WTP berturut-turut dipersembahkan Tafdil di periode keduanya bersama Johan Salim. Sementara 4 lainnya, dari pemerintahan pada periode awal bersama Wakil Bupati Masyura.

Bupati Bombana, Tafdil SE., MM menerima penghargaan WTP atas LKPD 2019 di Rujab Bupati Bombana, 12 Oktober 2020.

Raihan WTP sejak periode pertama Tafdil tersebut menjadi bukti selama pemerintahannya. Oleh BPK ia dianggap tertib dalam menetapkan kebijakan anggaran.

Selain itu, karena pengelolaan keuangan pada masa pemerintahannya, ia dinilai telah berhasil menerapkan tata kelola keuangan secara transparan dan akuntabel.

Menurut Tafdil, saat menerima WTP kedelapan beberapa waktu lalu, torehan WTP secara beruntun tersebut merupakan sebuah prestasi yang luar biasa. Ia bilang, hal itu dapat diraih karena adanya kerjasama semua elemen di Pemkab Bombana.

Wakil Bupati Bombana, Johan Salim menerima penghargaan WTP atas LKPD 2020 dari BPK perwakilan Sultra di Kendari, 31 Mei 2021

“WTP ini adalah hal yang patut disyukuri. Prestasi ini bukan hanya hasil kinerja saya sebagai Bupati, tetapi berkat semua elemen Pemerintah Kabupaten Bombana yang telah bekerja keras,” ujar Tafdil.

Tafdil menuturkan, untuk mencapai prestasi tertinggi tersebut dibutuhkan kerjasama semua pihak serta tanggung jawab tinggi. Terlebih lagi menurutnya, pada tahun 2020 ini merupakan tahun yang penuh tantangan. Sebabnya, banyak perubahan yang harus dilakukan akibat Pandemi Covid-19.

“Namun berkat kerja keras seluruh pihak dari semua elemen pemerintah, sehingga Pemkab Bombana kembali mendapat pengakuan dari BPK,” ucap Tafdil.

Tafdil menyerahkan laporan LKPD Kabupaten Bombana tahun 2020.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bombana, Engki menjelaskan, raihan WTP pada masa kepeminpinan Tafdil tersebut merupakan balasan dari kerja keras Bupati Bombana memimpin pengelolaan keuangan di daerah.

“Jawabannya kita selalu meraih WTP berturut-turut. Sekarang sudah yang kedelapan,” katanya singkat saat ditemui TopikSultra.com di kantornya pada Rabu (15/12/2021).

Berikut raihan WTP Bombana dari tahun ke tahun:

Periode Pertama
* 2014 WTP atas LKPD Tahun 2013
* 2015 WTP atas LKPD Tahun 2014
* 2016 WTP atas LKPD Tahun 2015
* 2017 WTP atas LKPD Tahun 2016

Periode Kedua
* 2018 WTP atas LKPD Tahun 2017
* 2019 WTP atas LKPD Tahun 2018
* 2020 WTP atas LKPD Tahun 2019
* 2021 WTP atas LKPD Tahun 2020

(adv) 

Comment

Topik Hari Ini