by

Kwarcab Pramuka Kolut Gelar Kursus Orientasi Tingkat Saka

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA — Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kolaka Utara (Kolut) menggelar kursus orientasi tingkat Satuan Karya (Saka) pada 4 sampai 5 Desember 2021.

Kegiatan yang diikuti 60 peserta tersebut bertujuan memberikan bekal dan ilmu pengetahuan tentang tata kelola dan mekanisme pembinaan pramuka di satuan karya.

Ketua Kwarcab Pramuka Kolut, Tahrim Hodi mengatakan, kursus orientasi kesakaan merupakan kegiatan pengenalan tentang Satuan Karya Pramuka (Saka) kepada para perwakilan dari masing-masing pembina Saka (Mabi Saka), Pimpinan Saka (Pinsaka), Pamong Saka dan Instruktur Krida di tingkat Cabang.

“Satuan Karya merupakan wadah pendidikan dan pembinaan di tingkat kwartir, baik nasional, daerah, dan cabang,” terangnya kepada TOPIKSULTRA.COM di ruang kerjanya pada Selasa (7/12/2021).

Menurut Mantan Kabag Humas PemKab Kolaka Utara ini, Saka diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 20- 35 tahun dengan syarat khusus.

“Setiap Satuan Karya memiliki beberapa krida, yang masing-masing mengkhususkan pada subbidang ilmu tertentu. Setiap Krida memiliki Syarat Kecakapan Khusus untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus Kelompok,” terangnya.

Tahrim Hodi mengaku, Kesatuan Karyaan yang dapat diperoleh Pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu. Satuan Karya Pramuka juga memiliki kegiatan khusus yang disebut Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka disingkat Pertisaka yang dilaksanakan oleh setiap saka.

“Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama lebih dari satu saka yang disebut Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka disingkat Peransaka,” jelasnya.

Laporan : Ahmar

Comment

Topik Hari Ini