by

Mahasiswa Prodi Profesi Apoteker UHO Gelar Sosialisasi PHBS di SDN 14 Moramo

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI — Mahasiswa Program studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo (UHO) angkatan ke-VI menggelar sosialisasi kepada siswa SD Negeri 14 Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Sabtu (25/12/2021).

Kegiatan yang mengusung tema “Sosialisasi dan edukasi mengenai pencegahan penyakit diare terhadap anak sekolah dasar dengan kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)” yang dikordinatori oleh Apt. Muh. Ilyas Yusuf, S.Farm., M.Imun ini melibatkan lima mahasiswa apoteker, yaitu Al Fira Ahmad Sipa, Ira Aprilia Nurrahmah, La Ode Abdul Arfan, Luthfiah Mahdiah, dan Nurchaya Purnama.

Al Fira Ahmad Sipa, salah seorang mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi UHO mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para siswa khususnya yang berada di pesisir agar dapat mengetahui apa itu diare serta bagaimana cara mencegah dan penanganannya.

Mahasiswa Program studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo.

“Intinya kita memberikan edukasi kepada para siswa tentang bagaimana menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.

Menurutnya, masih tingginya kasus penyakit diare dikalangan para siswa sekolah dasar karena mereka belum mengetahui cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam aktivitas sehari-hari.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita berharap agar anak-anak khususnya siswa sekolah dasar dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menurunkan angka terjadinya diare terhadap anak-anak,” katanya.

Mahasiswa Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo mengajarkan cara mencuci tangan yang benar kepada Siswa SD Negeri 14 Moramo, Kabupaten Konawe Selatan

Mengaku sangat bersyukur karena selama kegiatan itu dilaksanakan, para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan itu. Ia berharap agar ke depannya kegiatan serupa akan kembali dilaksanakan dengan sasaran yang lebih luas lagi.

“Semoga ke depannya kami bisa lagi melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat di pesisir lagi dengan sasaran yang lebih luas lagi,” harapnya. (red)

Comment

Topik Hari Ini