by

2021, capaian Target PAD Pantai Berova Lampaui Target

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA — Sepanjang tahun 2021, kontribusi PAD sektor pariwisata di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), mulai tumbuh. Salah Satu destinasi wisata yang menyumbang PAD yakni pantai berova yang berada di Desa Pitulua Kecamatan Lasusua.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar), Kabupaten Kolaka Utara, Syamsu Alam, menuturkan pantai Berova merupakan salah satu objek destinasi wisata alam yang sangat indah, dan memiliki fasilitas yang cukup memadai. Sehingga animo masyarakat untuk mengunjungi pantai wisata ini cukup tinggi.
“Tahun 2021 wisata pantai Berova menyumbang PAD Rp148 juta,” kata Samsu Alam kepada wartawan, ditemui di pantai Berova, Kamis, (6/1/2022).

Menurutnya, pencapaian tersebut melebihi target, dari sebelumnya hanya target Rp60 juta. Namun, hingga Desember 2021 bahkan melampaui.”Capaian Rp148 juta ini dari hasil penjualan karcis,” katanya.

Sementara, di awal tahun baru 2022, angka kunjungan wisatawan lokal di pantai Berova mengalami lonjakan. “Liburan tahun baru tepatnya dihari Sabtu dan Minggu 1 – 2 Januari tahun 2022 Animo pengunjung Wisatawan lokal dan domestik alami kenaikan secara signifikan,” ujarnya.

Ia merinci, hari pertama liburan tahun baru yang jatuh pada hari Sabtu, 1 Januari 2022, jumlah pengunjung mencapai 4.000 orang dengan penjualan karcis sebesar Rp8 juta. Sedang, di hari kedua, Ahad, 2 Januari 2022 mencapai 1.500 Orang dengan penjualan karcis sebesar Rp3 Juta. “Jadi awal tahun pemasukan PAD pantai Berova sudah Rp11 juta,” tuturnya.

Syamsul Alam berharap, ke depannya bukan hanya wisatawan lokal dan domestik yang berkunjung ke pantai Berova, tetapi dari mancanegara.

Laporan: Ahmar

Comment

Topik Hari Ini