by

HPN 2022 Sultra: 10 Dubes Dijadwalkan Hadir, Sejumlah Kegiatan Disiapkan

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI — Hari Pers Nasional (HPN) 2022 akan digelar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 5-10 Februari 2021 mendatang. Untuk itu, sejumlah persiapan terus dilakukan panitia nasional dan lokal dalam menyukseskan serangkaian kegiatan tersebut.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra, Sarjono mengatakan, progres pelaksanaan HPN di Sultra terus dimantapkan. Mulai dari kepanitian, tempat pelaksanaan kegiatan, dan akomodasi peserta sudah tersusun bersama panitia HPN Pusat.

Ia mengungkap, baik panitia pusat maupun lokal terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk kesiapan dan kesuksesan acara yang dijadwalkan juga dihadiri Presiden Joko Widodo.

Wartawan LKBN Antara ini juga menyebut, sebanyak 10 duta besar (dubes) dijadwalkan menghadiri puncak HPN pada 9 Februari 2022 mendatang.

Mereka merupakan dubes Amerika Serikat, Rusia, Uni Eropa, Denmark, UEA, Taiwan, Singapura, Maroko, Malaysia, dan Bangladesh.

“Dubes Iran dan Qatar masih tentatif. Sedangkan Dubes Belanda batal hadir. Ini sesuai konfirmasi dari panitia pusat pada 15 Desember 2021 lalu,” kata Sarjono dalam rapat bersama Pemprov Sultra di Rujab Sekda Sultra pada Sabtu (8/1/2022) sore.

Ketua PWI Sultra dua periode ini bilang, puncak pelaksanaan HPN nantinya dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Sultra.

“Kami juga berharap Gubernur Sultra untuk mengundang para gubernur se-Indonesia untuk hadir di puncak acara,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal HPN, Nur Endang Abbas mengatakan, HPN 2022 akan menjadi hajatan nasional yang bersejarah bagi Sultra, sehingga mesti digelar dengan baik dan sukses.

“Peserta datang dengan senyum dan pulang ke daerah masing-masing dengan tertawa bahagia,” ujar Sekda Provinsi Sultra ini.

Ia mengungkap, akan ada serangkaian kegiatan yang digelar dalam peringatan HPN ini, di antaranya seminar nasional, penghargaan, penganugerahan, rakernas, pameran, penanaman mangrove, dan pelepasliaran hewan jenis rusa dan anoa di Taman Nasional Rawa Aopa Watu Mohai di Konawe Selatan.

“Harus disiapkan secara matang dan seluruh panitia harus bekerja keras dalam persiapannya. Sejak saat ini, semua yang terlibat harus bahu membahu bersama Pemprov dan PWI untuk menyiapkannya,” Endang menambahkan.

Mantan Kepala BKD Sultra ini menyebutkan, Pemprov Sultra sudah pengalaman dengan kegiatan nasional. Karena itu, HPN ini harus disukseskan agar ada kesan mendalam yang positif dari seluruh peserta yang hadir di Kendari.

“Pertemuan seperti ini akan kita sering adakan dan menghadirkan seluruh OPD lingkup Pemprov Sultra. Termasuk melaporkannya setiap progres kepada bapak Gubernur Sultra,” tutup Endang.

Laporan: Didul

Comment

Topik Hari Ini