by

Peringati HAB Ke-76, Kemenag Kolut Beri Penghargaan ke ASN dan Siswa Berprestasi

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA — Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kolaka Utara menggelar upacara Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 di halaman Kantor Kemenag Kolut, Senin (3/1/2022). Pada peringatan HAB ke-76 yang mengusung tema “Transformasi Layanan Ummat.” ini, Kemenag Kolut memberikan penghargaan kepada para siswa-siswi berprestasi secara nasional.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Wakil Bupati Kolut Abbas, Kepala Kemenag Kolut Muhammad Kadir Azis, dan Ketua DPRD Kolut Buhari, usai upacara peringatan Hari Amal Bakti Kemenag RI.

Wakil Bupati Kolut, Abbas berharap, di usianya yang ke-76 tahun, Kemenag semakin bermanfaat bagi masyarakat. Dalam momen itu, lanjutnya, Pemkab bersama Kemenag Kolut juga memberikan penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 124/TK/Tahun 2021 kepada ASN lingkup Kemenag Kolut dan beberapa siswa-siswi berprestasi.

“Untuk siswa-siswi berprestasi, kami dari pemerintah daerah bersama Kemenag Kolaka Utara akan memberikan pembinaan khusus agar siswa tersebut lebih kompeten dan dapat bersaing ke jenjang yang lebih tinggi,” kata Abbas.

Kepala Kemenag Kolut, Muhammad Kadir Azis menuturkan, sebelum kegiatan puncak yang diselenggarakan hari ini, pihaknya telah menggelar beberapa kegiatan pada Desember 2021 lalu.

“Kegiatan tersebut yakni pekan olahraga seni yang diikuti seluruh madrasah lingkup Kolaka Utara. Dilanjutkan lomba kebersihan, kemudian untuk yang pertama kalinya kita melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kolaka Utara sebagai wujud penghormatan kita kepada pahlawan termasuk pendahulu-pendahulu kami disini,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, upacara Hari Amal Bakti Kemenag RI Ke-76 dilaksanakan serentak secara nasional.

“Selanjutnya, besok semua kontingen dari kabupaten akan bertolak ke Kendari untuk mengikuti pekan olahraga seni se-Kabupaten. Kegiatan ini masih rangkaian Hari Amal Bakti Kemenag tingkat provinsi yang akan berlangsung sampai tanggal 8 Januari 2022,” bebernya.

Saat ditanya terkait para siswa berprestasi, Kadir menyebut bahwa para siswa tersebut sebelumnya telah mengikuti seleksi secara online di tingkat kabupaten, dan kini telah dinyatakan terdaftar secara nasional.

“Insyaallah anak-anak kita untuk tingkat Kanwil ada penjenjangan dan pembinaan. Kita berharap tahun depan biasa masuk kategori yang lebih tinggi dan saat ini siswa berprestasi dari Sultra, khususnya Kolaka dan Kolut sudah diperhitungkan secara nasional,” pungkasnya.

Untuk diketahui, para siswa berprestasi yang mendapat penghargaan adalah Muhammad Hidayat, asal Mts Al-Muminin Puurau, sebagai juara 1 Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi tahun 2021 dari 2700 siswa.

Kemudian, Muhammad Prajab Maulana, siswa Mts Neg 1 Kolaka Utara, finalis 50 besar Kompetisi Madrasah Young Researchers Super Camp Tingkat Nasional tahun 2021 bidang Sosial dan Humaniora tingkat Mts dari 2700 siswa.

Mustaqimah, siswa Mts Neg 1 Kolaka Utara, finalis 50 besar kompetisi madrasah young researchers super camp tingkat Nasional tahun 2021 bidang sosial dan humaniora.

Selain penyerahan penghargaan untuk ASN dan siswa berprestasi, Kemenag Kolut juga menggelar wisuda untuk puluhan santri TPQ 2021 dari TPQ Asy- Syuhada Desa Majapahit, TPQ Al-Ikhlas, Desa Latali, TPQ At-thahiriyah, Desa Labipi, TPQ Al-Islam, Desa Powalaa, TPQ Al-Mujahidin Desa Pasampang, TPQ Al-Arasy Desa Patowonua, dan TPQ Sitti Tahahirah Kelurahan Lasusua.

Laporan: Ahmar

Comment

Topik Hari Ini