by

Festival Siosakabalaba Busel, Tonjolkan Budaya Leluhur

-Kendari, SULTRA-37 views

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI- Pemerintah Buton Selatan (Busel), Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar festival budaya bertemakan Siosakabalaba Bumi Gajah Mada The Wonder of South Buton, yang digelar pada tanggal 28-31 Maret 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Busel, La Ode Harwanto mengatakan, festival budaya ini selain bertujuan melestarikan budaya leluhur juga sebagai ajang edukasi dan promosi wisata serta memperkenalkan kembali permainan tradisional kebudayaan leluhur masyarakat Busel.

“Rangkaian festival budaya ini menampilkan sejumlah atraksi budaya, ritual adat tuturangiana andala, doa tolak bala, pesta kuliner tradisional serta pertunjukkan seni tari,” ungkap Harwanto.

Mantan Kepala BPBD Busel ini menerangkan kalau Festival Siosakabalaba diambil dari singkatan nama dari tujuh kecamatan yang ada di Busel, yaitu Siompu, Siompu Barat, Sampolawa, Kadatua, Batuga, Lapandewa, Batuatas.

Dia juga menambahkan, pada festival ini akan menampilkan kearifan budaya Busel yang dirangkai dalam kegiatan pagelaran budaya, puisi, musikal puisi tentang sang tokoh Mahapati Gajah Mada, teatrikal ulama besar Syech Muhamad Abdul Wahid yang merupakan salah seorang ulama yang menyiarkan Islam di Kesultanan Buton.

Pihaknya berharap, hadirnya festival budaya seperti ini, bisa dilaksanakan setiap tahunnya agar masuk dalam kalender pariwisata daerah, maupun nasional. Dengan begitu pariwisata Busel dapat dikenal.

“Semoga festival budaya Buton Selatan ini menjadi agenda rutin tahunan di bumi beradat ini, karena selain menjadi ajang promosi, kegiatan ini juga untuk dapat menjadi pemulihan ekonomi mayarakat setelah pandemi,” pungkasnya.

Festival Siosakabalaba Busel mendapat apresiasi dari berbagai kalangan penggiat di industri pariwisata. Bahkan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahudin Uno.

Dalam Video singkat yang beredar di chanel youtube Diskominfo Buton Selatan (https://youtu.be/qBnrrx5NCl0), Menteri Sandiaga mengucapkan dukungan serta mengajak segenap masyarakat Buton Selatan agar mensukseskan pelaksanaan Festival tersebut.

Laporan : Novrizal R Topa

Comment

Topik Hari Ini