by

Polsek Tomia Timur Pantau Ketersediaan Minyak Goreng di Pasaran

TOPIKSULTRA.COM, WAKATOBI — Kepolisian Sektor (Polsek) Tomia Timur, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi melaksanakan Giat Patroli dan Wawancara terhadap pedagang mengenai ketersediaan dan harga minyak goreng di Pasar Sentral Usuku sejak (11/03/2022).

Kapolsek Tomia Timur, Ipda La Daka menyampaikan, kegiatan itu merupakan perintah langsung dari Kapolres Wakatobi dengan menyasar beberapa toko sembako, diantaranya Toko Cahaya, Toko Wa Ona, Toko Nur Amaliah, Toko Yasin, Toko Sahara, Toko Efi dan beberapa lainnya. Stok minyak goreng di toko-toko ini mengalami penurunan drastis sedangkan harga untuk semua jenis minyak goreng mengalami kenaikan yang signifikan.

“Penyebab kenaikan harga minyak goreng yaitu agen dari Kota Baubau  mengalami kekurangan stok diakibatkan stok di distributor minyak goreng mengalami kekurangan sehingga membuat harga minyak naik. Menurutnya, para agen di Kota Baubau tidak berani mengambil dalam jumlah besar karena akan dapat mempengaruhi laba jual beli di pasaran,” ucapnya kepada Topiksultra, Senin 21 Maret 2022.

Baca Juga : Seorang Nelayan di Muna Diringkus Polisi Usai Bacok Teman Minumnya

La Daka menambahkan, ukuran 1 liter  kemasan yang harga sebelumnya mencapai Rp 17.000 menjadi Rp 35.000, ukuran 1 (satu) liter kemasan botol harga sebelumnya Rp 19.000 menjadi Rp 37.000 sampai dengan 40.000 ukuran 20 liter minyak goreng merek Sedaap sebelumnya Rp 420.000 menjadi Rp 550.000.

“Untuk Minyak Goreng Cura ukuran 650 mililiter yang harga sebelumnya Rp 10.000 mengalami kenaikan Rp 20.000 (pedagang Pasar) minyak goreng jenis/merek lain nihil,” tambahnya.

Ketersediaan minyak goreng yang berada di toko maupun pengecer, pedagang Pasar Sentral di wilayah Kecamatan Tomia Timur bergantung pada ketersediaan stok agen yang ada di Kota Baubau dan Kota Kendari yang pada setiap pengiriman dibatasi.

“Umat muslim dalam beberapa waktu kedepan akan memasuki Bulan Ramadhan dimana permintaan masyarakat terhadap minyak goreng dan sembako lainnya menjadi tinggi sehingga perlu diantisipasi terkait kelangkaan minyak goreng,” katanya.

Laporan : Hendriansyah

Comment

Topik Hari Ini