by

Khitanan Massal LA Center Diikuti Ratusan Anak di Kolut

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA — Khitanan massal yang digelar DPD Lukman Aboenawas (LA) Center diikuti ratusan anak di kabupaten Kolaka Utara, yang dipusatkan di Balai Desa Ponggiha Lasusua.

Ketua DPD LA Center Provinsi Sulawesi Tenggara,Drs. H. Andi Rahman,MM menjelaskan Khitanan massal gratis ini dipusatkan di Lasusua dan diikuti sejumlah anak dari 15 kecamatan se kabupaten Kolut.
” Jumlah peserta yang sudah mendaftar melalui online hingga Jum’at Malam mencapai 200 Orang anak, dan hingga pagi ini masih terus bertambah pendaftarannya dari beberapa kecamatan dan mereka sudah tiba dilokasi kegiatan,” katanya kepada wartawan di Ponggiha Lasusua, Sabtu, (25/6/2022).

Rahman mengaku sangat senang karena jumlah peserta sangat banyak dan melebihi apa yang diharapkan.

” Terus terang kami sampaikan di 15 Kecamatan yang ada dikabupaten Kolaka Utara kami telah bersurat kepada pengurus DPC LA Center untuk mobilisasi anak – anak dari masyarakatnya untuk di khitan (Sunat) gratis dan ini mereka baru tiba dari kecamatan Wawo bagian selatan dan kecamatan Tolala bagian Utara,” ungkapnya

Menurutnya, sebelum dilakukan khitanan massal gratis ini pihaknya sudah bersurat ke – 15 Puskesmas terdekat untuk melakukan kontrol pasca khitanan massal gratis digelar.

” Tetap ada kontrol dan tindak lanjut kalau ada anak yang alami masalah setelah di sunat mereka bisa langsung ke puskesmas terdekat tempat mereka tinggal,” terangnya

Jumlah Tim tenaga medis gabungan yang dikerahkan sebanyak 25 Orang, yang merupakan Tim 119 Sultra Sehat, dan ANCF 05 Sultra,” ujarnya.

Kepala Desa Ponggiha, Rahmad menjelaskan program yang dilakukan oleh LA Center hari ini sangat disambut gembira oleh masyarakat Kolaka Utara utamanya didesa Ponggiha sendiri.

” baru kali ini ada program seperti ini yang dilakukan oleh LA Center karena kita ketahui biaya khitan yang menggunakan Laser electrical Cauter sangat besar dan sementara program ini gratis sehingga banyak masyarakat desa Ponggiha ikut sebanyak 100 Orang dan bukan dari desa kami banyak juga dari luar kecamatan Lasusua, ” Jelasnya

Hal Senada juga disampaikan oleh Orang tua anak dari kecamatan Lasusua, Andi Pangerang Haeruddin mengungkapkan, sebagai orang tua anak sangat terbantu dengan adanya program khitanan massal gratis yang diluncurkan oleh pihak LA Center.

Laporan : Ahmar

Comment

Topik Hari Ini