by

Remaja di Tikonu Jalani Pemeriksaan Kesehatan Melalui Posyandu

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA — Sejumlah remaja putra dan putri usia 10 sampai 18 tahun di Desa Tikonu kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka, mengikuti pemeriksaan kesehatan dasar, melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Remaja, Senin sore, (13/6/2022).

Operator Posyandu Remaja “Luale Anandonia” Desa Tikonu, Bidan Winda, mengatakan Posyandu Remaja dimaksudkan untuk membekali remaja untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan hidup sehat, sekaligus sebagai aktualisasi diri dalam peningkatan derajat kesehatan mereka.

Menurutnya, pelayanan Posyandu Remaja meliputi pemeriksaan kesehatan dasar, seperti pemeriksaan tekanan darah, mengukur tinggi badan dan berat badan, pengukuran lingkar lengan atas dan lingkar pinggang. “Dan nantinya akan rutin dilakukan pemeriksaan kadar gula dan kolesterol,” ujarnya.

Melalui Posyandu Remaja, pemeriksaan kesehatan akan terus terpantau yang dilakukan setiap bulan sekali, sehingga ini dapat membantu remaja untuk memperoleh tumbuh kembang yang optimal. “Pelayanan Posyandu Remaja sengaja kita adakan sore hari, mengingat siang hari mereka sekolah,” kata Bidan Winda.

Kepala Desa Tikonu, Sabaruddin T Pauluh, berharap Posyandu Remaja, dapat menjadi wadah aktualisasi diri para remaja. “Biarkan mereka belajar mandiri, tugas kita sebagai orang tua mengajak mereka untuk belajar mengetahui peran mereka sebagai anak. Dan jangan kita menuntut kesempurnaan dari mereka,” katanya.

Laporan: Azhar Sabirin

Comment

Topik Hari Ini