by

46 Wartawan Ikuti Orientasi, Ketua PWI: Jaga Kehormatan Profesi Wartawan

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI —- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar orientasi keorganisasian wartawan di Kendari, Sabtu (23/7/2022).

Mengusung tema “Membentuk Karakater Wartawan yang Berintegritas”, orientasi ini diikuti sebanyak 46 wartawan dari berbagai daerah di Sultra.

Ketua PWI Sultra, Sarjono mengatakan, orientasi ini merupakan tahapan rekrutmen menjadi anggota PWI. Namun bukan sebuah kepastian bahwa mengikuti orientasi dapat serta-merta menjadi anggota PWI.

Sarjono menyampaikan, kalau hingga saat ini ada empat organisasi wartawan yang menjadi konstituen Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), serta Pewarta Foto Indonesia (PFI). Dan yang pasti, organisasi profesi tersebut memiliki ideologi yang sama tapi ada perbedaan.

Kendati demikian, kita tidak mempertajam perbedaan dimasing-masing organisasi itu, tapi lebih menjadikan satu kekayaan untuk menambah khasanah pemikiran teman-teman wartawan termasuk kami juga di PWI, ujarnya.

“Tidak usah kita pertajam perbedaannya, kita cari kemiripannya lalu maksimalkan, karena tujuannya adalah menjaga kehormatan profesi wartawan,” tegasnya

Sarjono berharap, wartawan yang mengikuti orientasi tidak sekedar ikut-ikutan, namun harus dilandasi pemikiran, kesadaran, serta kemauan untuk menjadi wartawan profesional dan bergabung dalam organisasi kewartawanan.

“Menjadi wartawan adalah untuk menciptakan kebaikan-kebaikan. Menulis berita tidak didasarkan kebencian, kepentingan orang per orang, kelompok, atau golongan. Tetapi, pengabdian kita kepada publik untuk menghadirkan informasi-informasi yang mencerahkan, mengedukasi, serta sosial kontrol yang profesional,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Orientasi, Sumarlin menyebutkan, pada pelaksanaan orientasi kali ini, peserta akan menerima beberapa materi. Pada Sesi pertama, peserta akan disuguhkan materi mengenai sejarah dan pengenalan organisasi PWI yang dibawakan oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sultra H. Ato Riadi.

Selanjutnya, materi mengenai Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) PWI yang dibawakan oleh Wakil Ketua Bidang Advokasi PWI Sultra Umar Marhum.

Kemudian pada sesi kedua, peserta menerima materi mengenai Kode Etik Jurnalistik yang dibawakan oleh Ketua Dewan Kehormatan PWI Sultra Rudi Iskandar. Dan terakhir materi UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers yang dibawakan oleh Sekretaris PWI Sultra Mahdar Tayong.

“Ini bagian untuk memperkenalkan PWI kepada teman-teman wartawan dan juga memperkenalkan agar teman-teman menjadi wartawan profesional,” pungkas Sumarlin.

Laporan: Novrizal R Topa

Comment

Topik Hari Ini