Berminat Memiliki Mobil Bekas Pejabat? Pemkab Bombana Siap Melelang 52 Mobil Dinas, Ada Fortuner Loh…

Berita, Bombana36 Views
banner 468x60

BOMBANA, TOPIKSULTRA.COM — Anda tertarik dan berminat memiliki mobil bekas pakai pejabat?

Pemkab Bombana melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) siap melelang 52 unit mobil dinas secara online. Mobil bekas pakai pejabat tersebut dinilai lebih besar biayanya dari pada manfaatnya.

Kepala Badan Keuangan Daerah(BKD) Bombana, Darwin Ismail kepada wartawan menuturkan, lelang tersebut sebagai upaya mengurangi beban keuangan daerah.

“Kita lakukan ini karena sudah terjadi overheat, artinya lebih besar biayanya daripada manfaatnya,” katanya Jumat, (14/2/2021).

Menurutnya, dokumen dan informasi terkait ke 52 mobil tersebut telah di kirimkan ke pihak KPKNL untuk diperiksa dan dinilai, serta proses pelelangannya pun akan diserahkan ke KPKNL. Namun, proses pelelangan dapat diikuti dengan mendaftarkan diri melalui https://lelang.go.id/ atau melalui aplikasi versi mobile yang di unduh pada Playstore dengan nama Lelang Indonesia.

Darwin menerangkan, ke 52 kendaran roda empat milik Pemkab Bombana rencananya akan dilelang di awal Maret 2021. Kendaraan yang akan dilelabg terakumulasi dari sejumlah dinas ataupun Organisasi Perangkat Daerah(OPD) Bombana. “Ke-52 ini adalah kendaraan lama, pengadaannya di tahun 2004 hingga 2006,” ujarnya.

Menurutnya, proses lelang bersifat terbuka, dan masyarakat umum bisa ikut. “Silahkan baku tawar disitu,” tuturnya.

Sementara, Kepala Sub Bidang( Kasubbid) Penilaian dan Penghapusan BKD Bombana, Agus Sabran, menerangkan, ke- 52 unit mobil yang bakal dilelang tersebut sudah memenuhi syarat, sebab biasanya kendaraan dan peralatan itu, hanya butuh waktu paling kurang 7 tahun agar bisa di hapus dari daftar barang inventaris Dinas.

“Dilelang dulu, selanjutnya akan dibuatkan buku penghapusan. Untuk syarat-syarat umumnya biasanya dinilai dulu kalau masih ada nilai bukunya, berarti belum bisa di dihapus,” urainya.

Namun, kata Agus, penghapusan barang inventaris tersebut, nantinya tetap harus merujuk dari usulan pengguna, dalam hal ini OPD, dengan membuat Surat Keputusan( SK) penghapusan yang ditandatangani oleh pengelolah lelang dalam hal ini Sekertaris Daerah(Sekda) Bombana.

“Setelah ada penghapusan dari pengguna, baru bisa dibuatkan penghapusan dari pengelolahnya, dan ditandatangani oleh pengelolahnya,” ujarnya.

Adapun jenis dan merk mobil yang akan dilelang, terdiri dari: dua (2) unit Toyota Fortuner dan sejumlah Toyota Avanza, Innova serta lainnya, dengan kisaran harga lelang yang belum bisa ia sebutkan.

“Jadi nanti 6 hari sebelum pelaksanaan lelang itu sudah bisa dibuka-buka(melalui aplikasi lelang),” katanya.

Laporan: Refli

Editor