BKKBN Muna Barat terapkan strategi KIE untuk cegah stunting

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, MUBAR – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyatakan upaya pencegahan terhadap stunting terus dilakukan.

Kepala BKKBN Mubar La Ode Andi Muna mengatakan untuk mencegah penyakit stunting pada anak – anak pihaknya menerapkan program komunikasi, informasi dan edukasi (KIE).

“Program KIE ini berkaitan dengan hal – hal yang bagaimana kemudian anak – anak itu tidak terkena stunting sejak pasangan usia subur, masa kehamilan dan pasca lahir,” ujar La Ode Andi Muna.

Kata Andi Muna, edukasi terhadap masyarakat ini dilaksanakan setiap tahun. Edukasi yang disampaikan berkaitan dengan materi pembentukan karakter dalam membangun keluarga yang bersih dan sehat.

“Berkaitan dengan pemenuhan gizi keluarga, sanitasi, dan mengenal makanan bergizi. Yang kita sampaikan seputar itu,” jelasnya.

Kata dia, langkah – langkah pencegahan stunting ini merupakan bagian dari komitmen menjalankan program pemerintah pusat.

“Kita harapkan sebisa mungkin kita bebas dari stunting,” harapnya.

Menurutnya, munculnya penyakit stunting ini erat kaitannya dengan keterbatasan dana.

“Dari kegiatan yang kita lakukan masyarakat dapat memahami dan mempraktekkan pentingnya mencegah stunting. Kita juga menyarankan agar memanfaatkan pangan lokal dan makanan yang mengandung protein,” paparnya.

Penulis: La Roni

Editor

Comment