BPBD Kolut Kirim Bantuan Logistik Untuk Korban Bencana Alam di Sulsel

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengirim bantuan logistik sebanyak 10 ton tahap pertama ke tiga kabupaten terdampak bencana alam banjir dan longsor di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Rabu pagi (8/5/2024).

Bantuan logistik tersebut sumbangan dari OPD, Mahasiswa, Relawan akan diturunkan di Kabupaten,Luwu, Wajo dan Sidrap Sulawesi Selatan di masing-masing posko yang telah ditentukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan (Sel-sel).

Pemberangkatan Paket tersebut diangkut menggunakan sembilan armada roda empat melalui Pelabuhan Ferry Tobaku

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kolaka Utara, Andi Faizal,S.Pd mengungkapkan bantuan logistik tahap pertama sudah diberangkatkan pada puk 07.30 Wita dilepas secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kolaka Utara, Taupiq S. Paket tersebut akan melalui jalur laut menggunakan kapal ferry KMP New Rose dari Pelabuhan Tobaku-Siwa dan terpencar ke tiga kabupaten sasaran yakni Wajo, Luwu dan Sidenreng Rappang (Sidrap).

“Kami perkirakan perjalanan tim dari Kolut ke Wajo maksimal 5 jam, Luwu 6 jam dan Sidrap 7-8 jam. Tim langsung ke titip sasaran sesuai arahan BPBD masing-masing kabupaten,” ujar Andi Faisal saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa malam (7/5/2024).

Lebih lanjut, Andi Faisal mengatakan bantuan logistik dikumpul sejak akhir pekan lalu baik yang digalang OPD dan 15 kecamatan se Kolut, PMI, mahasiswa hingga pelaku jasa Kurir Pelangi. Selain logistik, para relawan dari Bumi Patowonua itu juga diterjunkan dan tinggal sementara di lokasi terdampak membantu warga hingga waktu tanggap darurat berakhir.

“Logistik yang masih terkumpul di Posko Induk BPBD Kolut akan dikirim untuk tahap ke II setelah penggalangan bantuan resmi kami tutup akhir pekan ini. Semoga meringankan beban saudara-saudara kita,” katanya

Untuk diketahui, Kolut selama ini aktif mengirim bantuan logistik maupun relawan ke sejumlah daerah terdampak bencana alam baik yang terjadi di lokal Sultra hingga ke provinsi tetangga meliputi Sulsel, Sulawesi Barat (Sulbar) dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Laporan : Ahmar

Editor

Comment