Cegah Longsor Susulan, Begini Kerjaan Dinas PUPR Kolut

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, LASUSUA¬†— Mencegah terjadinya longsor susulan di Desa Bukit Baru Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kolut, menurunkan excavator PC 200 untuk membenahi jalan desa yang tertimbun longsoran.

Kadis PUPR Kolut, Mukramin, mengatakan untuk kedua kalinya pihaknya kembali menurunkan alat berat di Desa Bukit Baru untuk menangani longsoran tebing yang menutupi bahu jalan.

Ia menargetkan, pembenahan jalan yang tertimbun longsoran akan dilakukan selama dua hari, yakni Sabtu-Ahad, (21-22/8/2024).

“Hari ini kami mulai menggusur tanah dari bahu jalan yang menghalangi lintasan, selanjutnya akan kita buat galian dan pemasangan tiang pancang (turap) agar bisa membendung gerakan tanah dari atas gunung,” katanya kepada TOPIKSULTRA.COM, Sabtu, (21/8/2021).

Usai pembenahan, pihaknya juga akan terus memantau perkembangannya, mengingat intensitas hujan yang masih tinggi.

Menurutnya, intensitas hujan yang tinggi sangat mempengaruhi gerakan tanah dari atas, dan bisa saja patahan tanah kembali bergeser, sehingga penanganan hari ini bisa kurang maksimal. “Kecuali sudah musim kemarau, bisa kita evaluasi bagaimana agar longsor tidak terulang, tapi bagaimana perkembangannya paska pembenahan akan terus kita pantau,” tutur Mukramin yang turun ke lokasi bersama anggota DPRD Kolut, Basman.

Kepala Desa Bukit Baru, Mustamin, berharap dengan adanya bantuan alat berat membenahi jalan yang tertimbun longsoran, akses jalan di desanya kembali normal. “Atas nama pemerintah dan masyarakat, kami menyampaikan penghargaan dan terimakasih pada Dinas PUPR Kolut,” kata Mustamin.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment