DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa, Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, BUTON UTARA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buton Utara (Butur) dan Pemda setempat menggelar rapat paripurna isitimewa, mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023, di Aula Kantor DPRD, Rabu (16/8/2023).

Rapat paripurna istimewa tersebut dipimpin Ketua DPRD, H. Muh Rukman Basri Zakariah, S.E.

Turut hadir, Bupati Butur Dr. H. Muhammad Ridwan Zakariah, M.Si, Wakil Bupati Kompol (Purn) Ahali, S.H, M.H, pimpinan dan anggota DPRD, Sekretaris Daerah Muh Hardhy Muslim, S.H, M.Si, Perwakilan Polres Butur, Perwakilan Kodim 1429/Butur, para anggota Forkopimda Butur, para Ketua Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita, para Kepala OPD lingkup Pemkab Butur, para Camat, Lurah, Kades se-Kabupaten Butur, Pembina Paskibarakka, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda dan Organisasi Masyarakat Sipil.

Dalam sambutannya, Bupati Butur, Muhammad Ridwan Zakariah mengatakan, acara yang dilaksanakan hari ini merupakan rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-78 Tahun 2023 sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunianya yang meridhai semangat perjuangan pergerakan para pendiri bangsa dalam mewujudkan kemerdekaan.

Perjuangan para pendiri bangsa tersebut menjadi tonggak sejarah yang harus dikenang dan menjadi inspirasi dalam berbakti pada Bangsa dan Negara Indonesia dalam naungan Ibu Pertiwi.

Perjalanan sejarah Bangsa Indonsia telah melalui berbagai ujian dan tantangan yang berhasil dilalui. Masa krisis yang datang silih berganti dalam perjalanan setelah Indonesia merdeka, juga berhasil dilampaui dengan selamat. Setiap ujian yang dilalui bersama akan memperkokoh rasa kebangsaan Indonesia, sebagai bangsa yang besar, merdeka dan berdaulat penuh untuk mencapai masa depan yang gemilang.

Sejak awal kemerdekaan sampai saat ini berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, pelaku usaha, masyarakat dengan memanfaatkan segala potensi bangsa yang ada, dilaksanakan pembangunan diberbagai bidang untuk kepentingan masyarakat. Sebab saat ini semangat perjuangan tidak lagi dimanifestasikan dalam bentuk perjuanga fisik menghadapi kolonialisme melainkan perjuangan, pengabdian dan karya nyata untuk menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi dalam rangka mencapai kemajuan dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur sebagaimana amanah konstitusi Undang-Undang Dasar 1945.

Pemkab Butur dalam rangka mengisi kemerdekaan sebagai manifestasi nilai-nilai perjuangan para pendiri bangsa dengan cita-cita yang luhur mewujudkan kejayaan Indonesia di usianya yang ke 16 tahun ini telah banyak upaya yang dilaksanakan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Akselerasi pembangunan terus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut melalui visi ‘Terwujudnya Buton Utara yang maju adil dan sejahtera,” kata Ridwan Zakariah.

Visi tersebut merupakan kondisi ideal yang ingin dicapai, dengan melaksanakan berbagai upaya antara lain;
Melakukan kegiatan dan program peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan dan pemerataan infrastruktur, pembangunan dan pemerataan ekonomi kerakyatan, peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan dan peningkatan kesadaran masyarakat dan partisipasi gender dalam mencapai masyarakat yang demokratis, aman, nyaman dan religius.

Harapan bersama bahwa pemerintahan dengan visi, misi dan program unggulan didasari komitmen kuat untuk bekerja keras, cerdas, ikhlas dan tuntas dalam melaksanakan setiap agenda pembangunan.

Pihaknya berharap stabilitas politik dan ekonomi dengan didukung aspek-aspek lainnya dapat menghantarkan daerah ini pada peningkatan taraf hidup masyarakat yang lebih baik.

“Apalagi tahun depan, Tahun 2024 kita akan mengikuti pelaksanaan pemilihan serentak, baik pemilihan presiden, anggota legislatif maupun pemilihan kepala daerah,” ujarnya.

Lanjutnya, stabilitas politik dan keamanan dalam rangka estafet kepemimpinan harus dikedepankan. Hal ini sejalan dengan tema atau tagline peringatan HUT Proklamasi RI ke-78 yaitu ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’.

Tema tersebut secara jelas mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus bergerak melanjutkan pembangunan dengan semangat keberlanjutan. Tema ini merefleksikan semangat Bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum kemerdekaan ini untuk mewujudkan Indonesia maju.

Melalui semangat peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun ini, Pemkab Butur terus berpacu mendorong percepatan pembangunan di segala bidang dengan memanfaatkan segala potensi yang ada. Oleh karena itu pihaknya berharap kita semua dapat bersinergi untuk mewujdukan visi dan misi Kabupaten Butur sebagaimana telah tertuang dalam RPJMD Tahun 2021-2026.

Diantara hal yang menjadi perhatian untuk dijadikan pemahaman dalam mengukur kinerja pembangunan Daerah Kabupaten Butur adalah;
Pertama, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang diukur dengan indeks pembangunan manusia, dimana IPM Butur Tahun 2022 adalah 69.00 persen dengan target akhir RPJMD sebesar 70.45 persen.

Kedua, penurunan angka kemiskinan, dimana Tahun 2022 sebesar 14.26 persen target akhir RPJMD sebesar 11.50 persen. Kemiskinan ekstrem Tahun 2022 sebesar 3.91 persen, adapun terget nasional pada Tahun 2024 kemiskinan ekstrem menjadi 0 persen.

Ketiga, pertumbuhan ekonomi Tahun 2022 sebesar 5.01 persen, akhir RPJMD ditargetkan dapat tumbuh sebesar 6.7 persen.

Keempat, penurunan angka stunting, dimana Tahun 2022 sebesar 31.2 persen, sedangkan target nasional dan juga menjadi target pemerintah daerah Tahun 2024 harus dapat diturunkan menjadi 14 persen.

Kelima, pengangguran terbuka Tahun 2022 sebesar 2.1 persen, target akhir RPJMD sebesar 2 persen.

“Masih banyak hal-hal lainnya yang tidak kami sebutkan satu-persatu dalam sambutan ini yang harus kita capai,” imbuhnya.

Tentunya untuk mencapai target tersebut tidaklah mudah. Dikatakan, akan dihadapkan dengan berbagai tantangan. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah strategis.

Pertama, diperlukan transformasi paradigma dan komitmen dalam memandang sumber daya alam (SDA) yang dimiliki hanya sebatas komoditas semata, namun SDA sebagai modal pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, melalui hilirisasi agar pengolahan tersebut memiliki nilai tambah.

Kedua, transformasi ekonomi untuk mewujudkan SDA sebagai sumber kemakmuran yang harus dikelola secara modern, adil dan lestari.

Ketiga, transformasi kelembagaan tata kelola untuk mencipatkan pengelolaan pemanfaatan SDA yang lebih efisien, transparan dan inklusif.

“Semoga spirit nasionalisme para pendahulu kita berjuang memerdekakan negeri ini dapat kita teladani dan memacu semangat kita untuk ikhlas membangun negeri tercinta Ibu Pertiwi,” harapnya.

Sebagai penutup sambutan, Ridwan Zakariah menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para perintis pejuang kemerdekaan Indonesia atas segala jasa-jasa pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara.

“Selanjutnya saya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota DPRD Kabupaten Buton Utara serta kepada seluruh elemen masyarakat Buton Utara yang telah berpartisipasi dan memeriahkan kegiatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia Tahun 2023 di Kabupaten Buton Utara dengan berbagai kegiatan dengan penuh semangat persaudaraan dan kebersamaan,” pungkasnya.

Laporan: Aris

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment