Hujan Deras Mengguyur Kolut, 7 Rumah Diterjang Longsor

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM,KOLAKA UTARA– Sebanyak 7 unit rumah milik warga yang beralamat di Dusun III Pengkasalu Desa Batu Ganda, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, diterjang longsor usai diguyur hujan deras dengan intensitas tinggi.

Tanah longsor yang datang dari arah tebing setinggi 60 meter di belakang tempat tinggal warga menyebabkan beberapa rumah mengalami kerusakan parah.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 05.30 Wita dini hari, Minggu (2/4/2023). Mengakibatkan 28 orang warga terpaksa mengungsi ke Kantor Desa Batu Ganda.

Kepala BPBD Kolut, Andi Faizal mengatakan tujuh unit rumah tersebut milik Sultan (38), Adryan (39), Sabir (35), Jamaluddin (45), Kadir (39), Suhardi (34) dan Hamang (47). Tiga diantaranya rusak berat dan empat lainnya kategori ringan.

“Kami telah membantu mengevakuasi harta benda masyarakat ke tempat aman,” ungkap Andi Faizal kepada Wartawan saat dikonfirmasi melalui Via WhatsAppnya.Minggu (2/4/2023)

Lebih lanjut kata Andi Faisal, rata-rata rumah yang terdampak longsor berbahan kayu. Petugas gabungan TNI-Polri, PUPR, Dinsos dan masyarakat lainnya telah melakukan evakuasi. Para korban diharapkan bisa membangun di lokasi baru yang jauh dari ancaman longsor.

“Kebutuhan mendesak saat ini bagi korban terdampak yakni sembako dan air bersih,” katanya

Andi Faisal juga menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang bermukim di area perbukitan agar tetap waspada, mengingat hujan deras yang berkepanjangan dalam sepekan terakhir ini mengakibatkan potensi mengundang bencana longsor.

Selain itu, kata Andi Faisal, himbaun serupa juga disampaikan kepada warga yang bermukim di sepanjang bantaran sungai agar tetap waspada terhadap banjir.

“Jika alami kondisi yang mengancam ada baiknya mengungsi ke tempat yang lebih aman dan melaporkannya ke aparat desanya,” terangnya

Laporan : Ahmar

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment