Ketua Golkar Bombana Angkat Bicara Soal Ambulans Laut, Kadinkes: Kami Sudah Siapkan

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, BOMBANA — Ketua DPD Golkar Kabupaten Bombana, Heryanto, angkat bicara soal sulitnya armada angkutan laut bagi orang sakit. Khususnya anbulans laut bagi masyarakat di kepulauan Kabaena.

Menurut Heryanto, hal tersebut seharusnya menjadi persoalan serius yang harus di perhatikan oleh Pemkab Bombana.

Sebab, kata mantan Anggota DPRD Kabupaten Bombana, periode 2014-2019 ini, hal tersebut sudah menjadi aspirasi serius bagi masyarakat Kabaena. Sebab sudah beberapa kali terjadi masyarakat kabaena mengalami kesulitan ketika ada pasien sakit ataupun meninggal yang akan di antarkan ataupun di rujuk ke rumah sakit.

“Baik itu dari daratan ke kepulauan atau sebaliknya. Baru saja kemarin ada orang yang meninggal. Dia bayar biaya sewa kapal sangat mahal,” kata Heryanto, kepada TOPIKSULTRA.COM, Rabu, (18/8/2021).

Heryanto mengatakan, hal yang paling menyulitkan itu sangat dirasakan oleh masyarakat menengah ke bawah, khususnya kaum miskin. Namun hingga saat ini belum terlihat pengadaan ambulans laut. Padahal hal ini , katanya sudah beberapakali di usulkannya saat ia masih menjadi anggota DPRD Bombana waktu lalu.

“Kalau sewa kapal dari pengusaha kapal, biasanya mereka membayar dari angka lima belas hingga dua puluh jutaan, ini sangat serius. Seharusnya DPRD suarakan ini,” ujarnya.

“Secepatnya hal ini harus di realisasikan. Kasian sodara-sodara kita yang ada disana,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Bombana, Darwin, mengatakan bahwa hal ini sudah di tanggapi Pemkab Bombana, melalui Dinas Kesehatan setempat.

“Saya mewakili pemerintah siap menjawab aspirasi itu, Bahkan kami sudah siapkan armadanya,” kata Darwin di kantornya, Rabu, (18/8/2021).

Menurut Kadis Kesehatan baru ini, memang hal tersebut adalah persolan serius. Bahkan memang sudah terfikirkannya jauh hari sebelum ia menjadi Kadis Kesehatan.

“Memang. Bahkan saya sendiri juga yang menjadi saksi soal kesulitan masyarakat kabaena itu,” kata Darwin.

Olehnya, dengan merujuk pada Perda Nomor 9 Tahun 2019, Dinkes Bombana sudah dalam proses pengadaan 1 unit Ambulan laut. berupa kapal speed Boat terbuat dari bahan viber.

“Mungkin bulan depan sudah ada. Sementara ini pakai saja dulu yang ada,” ucapnya.

Tehnisnya, kapal ambulans tersebut nantinya, kata Darwin akan Stay di pebuhan Kasipute, Rumbia, dan siap di gunakan untuk siapa saja di Bombana., namun tetap dengan pemberlakuan jasa pelayanan jauh di bawa dari harga sewa kapal milik perorangan.

“Dalam hal ini itu sebagai Alat Kesehatan (Alkes). SOP nya juga sudah sementara di Susun,”ucapnya.

Selain untuk memudahkan masyarakat Kabaena, hal tersebut juga bisa menjadi tambahan PAD Kabupaten Bombana.

“Itu tidak salah. Dinas Kesehatan serta jaringannya sebagai institusi penyelenggara pelayanan kesehatan, berhak memperoleh tarif retribusi dari pengguna jasa atas pelayanan kesehatan yang di berikan,” urainya

Laporan : Refli

Editor

Comment