KPU Wakatobi Sebar 55 Relasi di Empat Pulau

Politik249 Views
banner 468x60

WAKATOBI, TOPIKSULTRA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi akan menyebar 55 relawan demokrasi (Relasi) Pemilu di 4 Pulau, dan akan berbaur di 11 basis pemilih diantaranya basis komunitas, basis marginal, basis perempuan, basis keluarga, disabilitas, berkebutuhan khusus, pemula, warga internet, basis pemuda, basis keagamaan, dan relawan demokrasi.

Ketua KPUD Wakatobi, Abdul Rajab, berharap kepada 55 orang relawan demokrasi bisa bekerja sesuai kode etik pemilu 2019 dengan harapan pada penyelenggara teknis bisa meningkatkan angka partisipasi dan bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Wakatobi.

“Wilayah kita ini masuk dalam kategori wilayah sulit karena pulau yang terpisah dari empat pulau,” katanya, di Kantornya, Selasa (29-1-2019).

Relasi yang berjumlah 55 orang ini tersebar pada empat pulau masing-masing, Pulau Binongko 8 relawan, Tomia 12 relawan, Kaledupa 12 relawan dan Wangi-wangi 23 relawan, dengan tujuan akan mensosialisasikan bagaimana memasyarakatkan pemilu atau memberikan pemahaman, tahapan-tahapan maupun proses pemilu bisa dipahami oleh masyarakat.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Rizal menambahkan, terhitung sejak pengukuhan dan bimtek pada Senin (28-1-2019) di Pesanggrahan, akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat selama tiga bulan hingga hari pemilihan.

Menurutnya, sesuai target KPU nasional, KPUD Wakatobi juga diharapkan bisa melampaui diatas 77,6 persen. Dan, dengan dukungan 55 relawan diharapkan angka partisipasi pemilih bisa meningkat dari angka pemilih tahun 2014 sebanyak 67,75 persen. “Dimana angka partisipasi pemilih laki-laki 60,74 persen dan partisipasi pemilih perempuan 74,5 persen,” kata Rizal.

Pewarta: Ode Nafi

Editor

Comment