Pasukan TNI/Polri Gelar Apel Serpas Pengamanan TPS

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA — Sebanyak 169 orang personil dari Polri, 31 orang personil TNI dan Brimob 62 personil yang terbagi dalam pleton mengikuti Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dalam kegiatan apel Serpas ini lebih dikenal dengan sebutan Operasi Mantap Brata (OMB) Anoa tahun 2023-2024 yang digelar dilapangan Apel Mako Polres Kolaka Utara, Senin (12/02/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Apel Serpas tersebut di pimpin langsung oleh Kapolres Kolaka Utara (Kolut), AKBP Arif Irawan, S.H.,S.I.K.,M.H,dan dihadiri oleh Wakapolres Kolaka Utara, Danramil 1412-03/Lasusua, para Kabag, Kasat, Kasi, Perwira Bintara dan personil Polres Kolaka Utara, Danyon C Brimob Totallang beserta Kapolsek jajaran Polres Kolaka Utara.

Kapolres Kolaka Utara, AKBP Arif Irawan, menyampaikan kegiatan ini merupakan Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) berdasarkan peraturan perundang undangan, Polri memiliki kewajiban untuk melaksanakan pengamanan dalam pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2024.

“Oleh karena itu, pelaksanaan Apel Serpas Pengamanan TPS Pemilu Tahun 2024 ini bertujuan untuk mengecek kesiapan dan kelengkapan akhir Personil Polres Kolaka Utara yang akan melaksanakan Serpas di 422 TPS dari 15 Kecamatan, 133 Kelurahan dan Desa yang berada di Wilayah Kabupaten Kolut .” ujar Arif Irawan Kepada Wartawan melalui rilis persnya.Senin (12/2/2024)

Lebih lanjut, Kapolres AKBP Arif Irawan berpesan kepada seluruh personil, agar memastikan kesiapan perlengkapan pribadi, Serpras dan fasilitas pendukung lainnya, sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas Operasi.

Laksanakan tugas pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan Buddy System untuk menjamin keselamatan personil.

“Untuk seluruh pimpinan disetiap tingkatan, harus turun langsung kelapangan untuk melaksanakan pengamanan melekat kepada anggotanya masing-masing, juga lakukan pengaturan jadwal pengamanan, sehingga kesehatan personil selalu prima “, pesannya

Selain itu, Arif Irawan juga mengingatkan, agar personil yang terlibat dalam pengamanan TPS untuk selalu mengedepankan komunikasi publik dan upaya cooling system, agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan pemilu tahun 2024 dan terhindar dari Polarisasi.

Tingkatkan Solidaritas dan Soliditas antar seluruh personil pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut adalah kunci keberhasilan operasi.

Personil yang dilibatkan dalam pengamanan pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2024 ini, terdiri dari 169 orang personil Polri, 31 orang personil dan Brimob 62 personil yang terbagi dalam pleton.

“Dan terakhir yang paling terpenting saya tegaskan dan tekankan kepada seluruh personil, untuk menjaga Netralitas, menjaga nama baik institusi Polri dan menjauhi pelanggaran serta tetap menjaga kesehatan,” katanya

Diakhir pelaksanaan Apel, turut dilakukan pengecekan kepada seluruh personil dan kendaraan serta sarana dan prasarana lainnya yang digunakan pada saat pengamanan tahapan pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2024.

Laporan : Ahmar

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment