Pj. Bupati Kolut Pantau Arus Mudik di Dua Pelabuhan Penyebrangan

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, kunjungi dua pelabuhan Penyeberangan untuk memantau langsung suasana arus mudik serta memastikan kelancaran dan kenyamanan para penumpang dalam berlayar menuju pelabuhan Siwa Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penjabat (Pj). Bupati Kolaka Utara, Dr. Sukanto Toding menjelaskan situasi di Pelabuhan Tobaku terkendali dengan baik, proses pengecekan kapasitas penumpang dilakukan secara ketat untuk mencegah over kapasitas.

“Keselamatan tetap menjadi prioritas utama dalam setiap perjalanan.”ujar Sukanto Toding melalui rilis resminya. Minggu (7/4/2024)

Lebih lanjut, Sukanto Toding mengatakan selain memantau Pelabuhan Tobaku pihaknya juga berkunjung ke Pelabuhan Kapal Cepat Superjet (Fiber) di Desa Katoi Kecamatan Katoi, meski suasana masih tetap tenang, tetapi semua tetap siap mengantisipasi lonjakan penumpang di H – 3 sampai H – 1 Hari Raya Idul Fitri.

“Setiap hari ada tiga trip penyeberangan setiap hari dari pagi hingga sore untuk mengakomodasi lonjakan penumpang di pelabuhan Ferry, sementara pelabuhan fiber ada satu trip setiap harinya,” ungkapnya

Sukanto Toding menyebut kapasitas kapal telah dipertimbangkan dengan cermat untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan para penumpang.

Dalam kunjungannya ia menegaskan pentingnya menjaga keselamatan penumpang dengan tidak melampaui kapasitas yang telah ditentukan.

Dari hasil kunjungannya, tidak ditemukan lonjakan signifikan jumlah penumpang, namun tetap diingatkan untuk tidak mengabaikan aturan keselamatan.

“Ini sudah H Minus 3 Hari Raya Idul Fitri, kami memantau kelancaran di pelabuhan penyeberangan ini dari semua unsur Forkompinda, Dinas Perhubungan dan dari kementerian perhubungan juga hadir dan memantau dan Alhamdulillah situasi pelabuhan tobaku cukup lancar aman, tertib dan terkendali,”ucapnya

Sukanto Toding juga berpesan utamakan kerjasama yang solid antara berbagai pihak terkait,arus mudik di Pelabuhan Tobaku dan sekitarnya akan berjalan lancar dan aman, menjadikan perjalanan mudik sebagai momen yang menyenangkan bagi semuanya.

” Utamakan sinergi dan koordinasi yang solid di antara semua petugas dalam melayani masyarakat dan tetap menjaga aspek keamanan agar masyarakat dapat melaksanakan mudik dengan aman dan nyaman.” tambahnya

Laporan : Ahmar

Editor

Comment