Polda Sultra Gelar Pasukan Operasi Zebra Anoa 2022, Tujuh Pelanggaran Ini Disasar

Headlines, Kendari182 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI – Setelah beberapa hari sebelumnya melakukan sosialisasi, tibalah saatnya Polda Sultra melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Anoa 2022. Senin (3/9/2022).

Mengambil tempat Lapangan Apel Presisi Polda Sultra, apel ini dipimpin oleh Kapolda Sultra Irjen Pol. Drs. Teguh Pristiwanto, diikuti oleh personel gabungan TNI-Polri, serta Wakapolda Sultra Brigjen Pol. Drs. Waris Agono, M.Si, beserta pejabat utama Polda Sultra dan tamu undangan.

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Anoa 2022 ini mengusung tema “Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujudkan Kamseltibcarlantas Yang Presisi”.

“Operasi Zebra ini dilaksanakan selama empat belas hari kedepan, dengan pendekatan persuasif dan edukatif melalui kegiatan dikmas lantas,” kata Irjen Teguh.

Dalam operasi zebra ini, pelayanan informasi lalulintas dioptimalkan melalui regional traffic management centre (RTMC) Direktorat Lalulintas serta TMC Polres beserta jajaran. Sedangkan untuk pelanggar lalulintas dilaksanakan melalui ETLE dibeberapa wilayah.

Irjen Teguh berharap agar cara bertindak dapat mencapai tujuan operasi zebra yakni terciptanya kamseltibcarlantas, meningkatkan kesadaran dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalulintas.

Sementara itu Dirlantas Polda Sultra Kombes Pol Rahmanto Sujudi, SIK menegaskan, saat ini ada tujuh pelanggaran prioritas yang akan ditindak yakni berkendara menggunakan ponsel, pengendara dibawah umur, berbonceng tiga, tidak menggunakan Helm SNI, pengendara mabuk, pengemudi tanpa safety belt, melawan arus lalulintas serta melewati batas kecepatan.

“Untuk operasi zebra kali ini kita terjunkan 320 personel, dari polda 50 personel dan 270 polres beserta jajarannya,” pungkas Rahmanto.

Laporan: Rahmat Rahim

Editor

Comment