Sukanto Toding Hadiri Pelantikan 45 UPZ Baznas

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA — Penjabat (Pj). Bupati Kolaka Utara, Dr. Sukanto Toding, MSP., MA menghadiri pelantikan dan pembekalan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Hotel Berlian Lasusua, Rabu (15/5/2024).

Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang dilantik sebanyak 45 orang, terbagi masing-mading 3 orang dari 15 Kecamatan.

Selain Penjabat (Pj). Bupati nampak sejumlah pejabat dari berbagai unsur baik dari Forkopimda, Kepala Kementerian Agama,Kabag Kesra,dan seluruh Kepala KUA se-Kabupaten Kolaka Utara, turut menyaksikan acara pengambilan sumpah jabatan.

Sebelum pelantikan dilakukan terlebih dahulu diawali dengan laporan Panitia Pelaksana yang dibacakan oleh Wakil Ketua.I Baznas Kolaka Utara, KM. Muh. Tang, S.Ag kemudian dilanjutkan dengan. doa bersama yang dibacakan oleh Ketua MUI Kabupaten Kolaka Utara dan di ikuti oleh seluruh peserta.

Penjabat (Pj).Bupati Kolaka Utara, Dr. Sukanto Toding, MSP., MA memberikan selamat kepada seluruh pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang baru saja dilantik meski begitu pihaknya juga menyoroti beberapa poin penting tentang zakat, infaq, dan sedekah.

“Zakat, infaq, dan sedekah adalah instrumen penting untuk pendanaan umat Islam dan menopang anggaran negara. Potensi zakat nasional kita mencapai Rp320 triliun,” ujar Sukanto Toding didepan para peserta yang hadir. Rabu (15/5/2024).

Lebih lanjut, Sukanto Toding mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kolaka Utara terus berupaya memaksimalkan potensi pertumbuhan ekonomi agar tidak tertinggal dari daerah lain serta mengurangi kemiskinan dan stunting, serta mengajak para Anggota DPRD Kabupaten Kolaka Utara untuk menyalurkan zakat mereka melalui Baznas.

“Mengapa kamu tidak menginfakkan hartamu padahal Allah yang mewarisi bumi,” kata Sukanto Toding dalam mengutip salah satu Surah Al-Hadid pada ayat 10.

Selain itu, Sukanto Toding juga menekankan pentingnya optimalisasi distribusi dan fungsi penganggaran publik dan mengajak para anggota Unit Pengumpul Zakat (UPZ) selain dari tugas pokoknya agar untuk selalu membantu UMKM agar perekonomian masyarakat meningkat, sehingga mustahik (penerima zakat) bisa berubah menjadi muzakki (pemberi zakat).

Bukan hanya itu,ia juga mengusulkan mekanisme pengumpulan dan pendistribusian zakat yang lebih efektif sehingga kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya zakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan di Kabupaten Kolaka Utara.

“Baznas sebaiknya menggunakan metode pendistribusian langsung sehingga dampaknya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat,” usulnya.

Menurutnya,bukan hanya masjid yang ada di setiap desa tempat penyaluran zakat tetapi sebaiknya dibuatkan tempat untuk dijadikan baitul maal,atau tempat untuk mengumpulkan dan mendistribusikan zakat.

Di akhir sambutannya, Sukanto Toding memberikan semangat kepada pengurus UPZ kecamatan yang baru dilantik, menyamakan mereka dengan pejuang yang berusaha meraih kemenangan.

“Kalian adalah jundullah yang berjuang untuk kemenangan umat,” tutupnya.

Ditempat yang sama,Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kolaka Utara, Ajmal Arif, Lc, S.Hi., MH. mengungkapkan harapannya agar UPZ dapat menjalankan tugas mereka dengan baik.

“Setelah sekian lama BAZNAS berdiri, baru kali ini dibentuk UPZ. Kami berharap UPZ dapat menjalankan tugasnya dengan baik, terutama dalam sosialisasi dan edukasi,” harapnya

Sementara itu Ketua Panitia pelaksana kegiatan, KM. Muh Tang S.Ag, menjelaskan bahwa setiap kecamatan di Kolaka Utara kini memiliki tiga orang yang bertugas sebagai UPZ, sehingga total ada 45 petugas yang siap menjalankan tugas mereka sesuai regulasi wilayah.

“Mereka akan diberikan edukasi tentang zakat nantinya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya zakat,” ujarnya.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment