Sungai Moro Meluap, RSUD Djafar Harun Lasusua dan Perumahan BTN Terendam Banjir

Uncategorized634 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA —-Akibat hujan deras yang mengguyur kota Lasusua dan sekitarnya sehingga sungai Moro Desa Tojabi meluap kemana – mana.

Rumah Sakit Umum Djafar Harun Lasusua serta puluhan rumah di BTN Tojabi ikut terendam banjir. Kejadian tersebut terjadi sekitar pada pukul 22.00 Wita pada Selasa malam (9/4/2024)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Utara,Andi Faisal, S.Pd membenarkan kejadian itu terjadi sekitar pada pukul 22.00 Wita akibat intensitas hujan yang sangat tinggi sehingga sungai Moro yang berada dekat dengan lokasi Rumah Sakit dan Pemukiman Warga BTN meluap kemana – kemana.

“Sungai Moro Meluap Kemana – kemana sekitar pada pukul 2.00 Wita dan merendam Rumah Sakit Umum Djafar Harun Lasusua dan puluhan rumah warga di BTN Terendam,” ujar Andi Faisal saat di konfirmasi melalui rilis resminya.Selasa malam (9/4/2024)


Lebih lanjut,Andi Faisal mengatakan Tim Reaksi Cepat (TRC) sudah berada dilokasi banjir untuk melakukan pemantauan ketinggian air dan melakukan pendataan baik di Rumah Sakit Umum Djafar Harun Lasusua maupun di lokasi perumahan BTN.

“Berdasarkan hasil laporan sementara TRC Ketinggian air saat ini kurang lebih 50 centi meter sementara di RSUD sendiri ruangan yang terendam banjir adalah ruang Radiologi, fisioterapi, anak, vip mawar sebagian kalau untuk Rumah Sakit Umum ini sudah dua kali terendam banjir,” ungkapnya

Menurut,Andi Faisal dugaan sementara penyebab luapan air sungai Moro diakibatkan saluran drainase dan jembatan yang tidak bisa menampung sehingga meluber kemana – mana ini.

” Ini sudah sering terjadi ketika hujan deras turun,” ucapnya

Selain itu,Andi Faisal menghimbau warga sekitar perumahan BTN Tojabi dan sekitarnya maupun pihak RSUD agar tetap waspada mengantisipasi banjir susulan.

“tindakan yang kami lakukan tetap monitor dan melakukan pendataan di lokasi dan membantu warga yang terdampak banjir dan sampai saat ini belum ada data resmi berapa pasilitas rumah sakit yang terendam maupun dari warga sendiri.” katanya

Menurutnya, warga setempat mengusulkan agar segera diadakan perbaikan saluran dan jembatan yang ada di Desa Tojabi.

Diketahui hujan deras yang mengguyur kota Lasusua dan sekitarnya bukan hanya RSUD dan perumahan BTN yang terendam banjir namun ada beberapa pohon bertumbangan di jalan Trans Sulawesi. Selain TRC BPBD pihak Dinas PUPR dan Pihak TNI / Polri sudah berada dilokasi sejak terjadinya banjir


Laporan : Ahmar

Editor

Comment