TNI-Polri Sukses Mengamankan Pilkades Serentak 2023 di Kolut

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM —- KOLAKA UTARA, Pihak Polres Kolaka Utara bersama TNI dan Satuan Batalyon C Pelopor Polda Sultra Totallang patut diapresiasi karena berhasil menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang digelar di 15 Kecamatan, 67 Desa dengan diikuti 172 Calon Kepala Desa pada Minggu (30/4/2023).

Pemungutan suara dimulai pada pukul 08.00 WITA hingga pukul 13.00 WITA dan dilanjutkan dengan perhitungan suara pada pukul 14.00 WITA hingga selesai.

Di Polsek Kecamatan Rante Angin, jajaran Polres bersama Koramil 1412 -03 Lasusua dan Satuan Batalyon C Pelopor melakukan apel kesiapan patroli personil dalam rangka Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Pada Sabtu malam (29/4/2023)

Kapolres Kolaka Utara, AKBP Moh.Yosa Hadi, SIK, MM mengungkapkan rasa syukurnya karena pada pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2023 ini dapat berjalan aman dan sukses tanpa adanya gangguan Kamtibmas.

“Ini tugas kami, Polri, TNI dan Satbrimob untuk memberikan jaminan keamanan pada setiap masyarakat yang akan memberikan hak pilihnya,” kata bang Yosa kata sapaannya kepada Wartawan, Senin (1/5/2023)

Lebih lanjut Moh.Yosa Hadi mengingatkan kepada setiap Calon Kepala Desa yang menang dalam perhelatan Pilkades ini, untuk tidak melakukan kegiatan atau eforia perayaan kemenangan yang berlebihan.

“Setelah Pilkades tidak ada lagi namanya pendukung, semua kembali jadi masyarakat dan Kepala Desa,” ujarnya

Moh.Yosa Hadi berharap kepada seluruh masyarakat yang telah menggelar Pilkades mari jaga situasi Kamtibmas sebelum dan sesudah Pilkades sehingga aman dan damai.

“Yang terpilih harus bisa merangkul, seperti pula yang belum terpilih harus bisa menerima,” katanya

Pejabat (Pj) Bupati Kolaka Utara Parinringi SE, M.Si menjelaskan, kesuksesan pelaksanaan Pilkades serentak 2023 ini tidak lepas dari kerja keras dan sinergitas antara pihak Polres Kolaka Utara, TNI dan Satuan Batalyon C Pelopor Polda Sultra Totallang serta Forkopimda dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Pilkades di 15 kecamatan di 67 Desa dan diikuti 172 Calon Kepala Desa, hasilnya berjalan baik, aman dan damai tidak ada riak,” kata Parinringi, saat memantau langsung Tempat Pemungutan Suara (TPS ) di Salah Desa dan didampingi Kapolres Kolut dan Pihak perwakilan Dandim 1412 Kolaka, Minggu (30/4/2023).

Parinringi menambahkan, terselenggaranya kegiatan Pilkades dengan aman ini karena adanya kerjasama yang baik antara TNI Polri dan Forkompinda dalam memberi jaminan rasa aman dan kondusif kepada masyarakat yang ingin memberikan hak pilihnya.

“Saya pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara memberikan apresiasi, kepada semua pihak yang terlibat baik untuk Polri, Satbrimob, TNI, para calon kepala desa (Cakades) dan masyarakat yang mampu menciptakan Pilkades aman dan damai,” ujarnya.

Parinringi juga mengajak semua pihak, setelah pelaksanaan Pilkades serentak ini tidak ada lagi namanya kelompok – kelompok ditengah masyarakat akibat dari beda pilihan dan dukungan, maka saat ini semua harus menyatu membangun desa secara bersama.

“Semua harus bisa saling merangkul tidak ada lagi kubu nomor 1 atau nomor 2 karena beda pilihan. Semua harus bisa menerima, peraih suara terbanyak dan menjadi pilihan masyarakat harus bisa merangkul calon yang kalah,” ajaknya

Diketahui dari hasil pantauan Pj Bupati, Kapolres dan Dayon Satbrimob Totalang hingga pukul 02:30 Wita malam ini masih terus menunggu kotak suara diamankan di kantor BPD. Dari 67 desa yang melakukan pemilihan sebanyak 70 persen incamben tumbang yang menarik Desa Leleulu Kecamatan Tolala dengan selisih suara 1 yakni nomor urut 1, Muksin Ismail 159 suara dan nomor urut 2, Ilham Ekasarungkit 158 suara.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment