Dari Lapangan Raja Jin, Abu Hasan Pesan Butur Harus Maju dengan Tiga Prsayarat

banner 468x60

BUTON UTARA, TOPIKSULTRA.COM — Lapangan Raja Jin Kecamatan Kulisusu, menjadi tempat pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 tingkat Kabupaten Buton Utara (Butur), Senin 17 Agustus 2020.

Pada kesempatan tersebut, bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan menyampaikan pesan bahwa Kabupaten Butur harus maju dengan tiga prasyarat. “Negara Indonesia, khususnya Kabupaten Butur harus memiliki kemajuan dengan tiga prasyarat,” katanya.

Ketiga prasyarat tersebut yakni; Pertama, pengelolaan Sumber daya alam (SDA) secara bijaksana dengan tidak merusak lingkungannya. “Kita tidak boleh terjebak dengan hal-hal sesaat hingga merusak lingkungannya. Makanya saya mengembangkan jargon organik, supaya pembangunan terus berjalan, namun lingkungan juga tetap terjaga,”ujarnya.

Kedua, kata Abu Hasan, pemerintahan harus bersih dari Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).”Kalau pemerintahan bersih dari KKN, saya jamin 100 persen daerah akan maju,”tuturnya.

Ketiga, Sumber Daya Manusia (SDM) harus siap, apakah itu sumber daya manusia aparatur maupun sumber daya manusia pendidikan.

“Kalau sumber daya manusia kita sudah perbaiki, sumber daya alam kita kelola tanpa merusak lingkungan, pemerintahan dibangun bersih dari KKN, Insyaallah daerah ini akan maju,” pesannya.

Abu Hasan juga mengingatkan, di hari proklamasi kemerdekaan RI ke-75, para pemuda selain merupakan pelanjut kemerdekaan, juga harus menjadi generasi pelurus. “Kalau ada hal-hal yang bengkok yang dikerjakan generasi sekarang, yang mudah harus berani meluruskan,” katanya.

Upacara HUT Kemerdekaan RI kali ini, berlangsung sederhana. Namun, tidak mengurangi hikmat perayaan kemerdekaan. “Walaupun Butur masuk zona putih dari pandemi Covid-19. Namun, standar protokol kesehatan Covid-19 tetap kita patuhi dengan membatasi peserta upacara dan mengatur jarak, serta mengenakan masker,” katanya.

Usai upacara pengibaran bendera, bupati beserta Forkopimda dan para pejabat daerah, melangsungkan penaburan bunga di laut di pelabuhan Lasora Kecamatan Kulisusu.

Laporan: Ardian

Editor

Comment