DPRD Kolut Tuding Bantuan Perahu Nelayan Dibuat Asal Jadi

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD ) menyoroti Dinas Perikanan Kabupaten Kolaka Utara terkait proyek pengadaan bantuan perahu nelayan pada tahun anggaran 2022 lalu.

Proyek pengadaan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022, Kualitas armada tangkap ikan ini di buat asal jadi dan sangat merugikan para nelayan.

Anggota Fraksi Partai Demokrat, Drs Sabri bin H. Mustamin mengungkapkan persoalan ini sering terjadi bahkan berulang dan sangat merugikan semua pihak khususnya nelayan penerima. Pihaknya meminta Dinas Perikanan perlu melakukan evaluasi agar hal tersebut tidak terjadi setiap tahunnya.

“Jelas sangat merugikan kita semua,” pintanya, saat di konfirmasi melalui Via telpon selulernya. Kamis (3/8/2023).

Menanggapi permintaan DPRD, Kepala Dinas Perikanan Kolaka Utara, Muhsin membenarkan jika tidak semua bantuan perahu sesuai yang diharapkan nelayan. Akan tetapi, hal itu terjadi hanya terjadi pada 1-2 unit saja.

“Seperti yang terjadi di Desa Lametuna salah satu Nelayan melakukan protes. Kekurangannya itu kami yang tanggung karena tidak sesuai spek,” ujarnya.

Lebih lanjut, Muhsin mengatakan, untuk bantuan perahu lainnya sudah sesuai dan para penerima mengaku puas. Pihaknya mengaku telah menerima keluhan dewan dan menjadi catatan dan pembelajaran kedepannya.

“Ada sekira 100 unit. Hanya yang di Lametuna saja dikomplain nelayan dan lainnya mengaku puas,” tutupnya.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment