PT RJL Berikan Beasiswa Kepada 30 Mahasiswa Kolut

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Perseroan Terbatas (PT) Riota Jaya Lestari (RJL) memberi bantuan beasiswa kepada 30 orang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan diberbagai perguruan tinggi.

Jumlah bantuan beasiswa gratis tersebut senilai Rp. 105 juta yang digelontorkan
kepada Mahasiswa yang bermukim di area pertambangan di tujuh desa di Kecamatan Lambai dan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Pihak Manajemen PT RJL sebelumnya telah melakukan seleksi. Dari 80 orang pendaftar, hanya 30 orang mahasiswa berprestasi terpilih.

PT RJL sudah melakukan penambanhan selama sekita dua tahun di Desa Totallang, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra),

Penyerahan bantuan beasiswa gratis ini dilakukan secara simbolis oleh pihak manajemen PT RJL di salah satu warung makan di Lasusua yang disaksikan Camat Lambai dan Camat Lasusua, enam kepala desa serta para orang tua mahasiswa yang hadir ditempat tersebut, Rabu (18/10/2023).

Direktur PT RJL, H.Amir Amiruddin Senong melalui Humasnya, Awaluddin,S.Sos menjelaskan, pemberian bantuan beasisiswa gratis kepada Mahasiswa yang berprestasi ini merupakan bentuk komitmen PT RJL dalam mendukung pendidikan dan pemberdayaan generasi muda yang bermukim di Kolaka Utara. Pemberian beasiswa melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Ini sudah komitmen perusahaan tambang dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat melalui program PPM, ” ujar Awaluddin saat diwawancarai usai penyerahan secara simbolis beasiswa gratis di salah satu warung makan di Lasusua, Rabu (18/10/2023)

Lebih lanjut, Awaluddin mengatakan, pendidikan adalah salah satu pondasi dalam membangun masa depan yang lebih baik. Dengan adanya program ini, sumber daya manusia di Desa lingkar tambang ini nantinya akan turut serta membangun daerah tinggal mereka masing-masing.

“Insya Allah program ini akan terus berlanjut selama perusahaan masih aktif beroperasi. Kita bantu mereka sampai selesai mendapatkan gelar Sarjana (S1). Beasiswa ditanggung hanya 4 tahun plus 1 tahun ketika ada kendalanya,” katanya.

Menurut Awaluddin kedepannya, pihaknya akan berupaya menambah kuota 60 paket beasiswa gratis ditahun 2024

“Untuk tahun 2023 ini baru 30 beasiswa gratis untuk 30 orang Mahasiswa dengan nilai yang mereka terima langsung senilai Rp.3,5 juta per orang per semester,” sebutnya .

Ditempat yang sama, Petugas PPM PT RJL, Dina Vionetta menjelaskan, dengan adanya program ini, pihaknya berharap agar SDM di desa-desa yang berada dilingkar tambang nantinya akan turut serta membangun daerahnya di masa depan dengan kompetensinya masing-masing.

“Kami di PT Riota Jaya Lestari senantiasa berdiri bersama masyarakat untuk mengawal kemajuan daerah, dimulai dari peningkatan mutu pendidikan sumber daya manusia di daerah ini,” jelasnya

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk menyuarakan komitmen bersama dalam membangun SDM dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara.
.
Hal senada, Camat Lasusua, Andi Selle Anwar mengungkapkan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan PT RJL karena ini merupakan kali pertama perusahaan tambang di Kolaka Utara memberikan beasiswa kepada mahasiswa.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada PT Riota Jaya Lestari yang telah membantu mahasiswa melalui beasiswa gratis. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bernilai ibadah dan menjadikan PT Riota semakin lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu orang tua mahasiswa dari Desa Woitombo, Kecamatan Lambai,Ambo Dalle,S.Ag.M.Pd mengatakan sangat terbantu dengan adanya program beasiswa uang diterima anaknya dari PT RJL.

“Kami berharap kepada perusahaan-perusahaan lainnya juga khususnya perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan nikel yang ada di Kolaka Utara bisa mengikuti jejak perusahaan ini,” ucapnya.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment