Sekda Kolut Ingatkan Kepala OPD Pentingnya Sinkronisasi Program Hasil Musrenbang

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA — Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara, Dr. Taufiq Sonda, S.P., M.M Mengingatkan kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pentingnya proses sinkronisasi program dari hasil-hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di tingkat kecamatan.

Hal itu diungkapkannya, saat membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara. Acara berlangsung di salah satu di Lasusua. Senin (18/3/2024)

Lebih lanjut, Taupiq Sonda mengatakan forum ini merupakan wadah strategis untuk mengintegrasikan berbagai program dan kegiatan OPD dalam rangka menunjang hasil-hasil Musrenbang RKPD yang telah dituangkan dalam aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD-RI).

“Kegiatan ini menjadi sangat krusial menjelang penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kolaka Utara untuk Tahun Anggaran 2025,” ujar Taupiq kepada seluruh peserta rapat.Senin (18/3/2024)

Selain itu, Dr. Taufiq Sonda juga menekankan pentingnya koordinasi dan komunikasi antara semua OPD agar semua program dapat berjalan lancar tanpa ada kendala di kemudian hari.

“Kita harus memastikan bahwa setiap program dan kegiatan yang direncanakan benar-benar dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan sejalan dengan visi pembangunan Kabupaten Kolaka Utara,” ungkapnya

Taupiq Sonda berharap Forum Perangkat Daerah ini harus mampu menghasilkan sinergi yang efektif antara berbagai OPD, sehingga program-program yang dihasilkan tidak hanya inovatif dan solutif, tetapi juga terintegrasi dengan baik dalam rencana pembangunan jangka panjang kabupaten.

“Kegiatan ini bukan sekedar hanya diikuti oleh para kepala OPD, perwakilan dari kecamatan, serta stakeholder terkait lainnya, tetapi melalui diskusi dan pertukaran ide, peserta forum diharapkan dapat menyusun rencana kerja yang solid untuk tahun anggaran mendatang, sekaligus mendukung terwujudnya Kolaka Utara yang lebih maju dan sejahtera,” harapnya

Menurutnya, penyelenggaraan forum ini juga menunjukkan komitmen Pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Utara dalam menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas, khususnya dalam proses perencanaan pembangunan daerah yang partisipatif.

“Ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik dan efektif, demi kemajuan Daerah kita cintai.” ungkapnya

Laporan : Ahmar

Editor

Comment