BPS Tetapkan Desa Lapasi-pasi Sebagai Desa Cantik

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA — Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kolaka Utara, mengumumkan bahwa Desa Lapasi-pasi, Kecamatan Lambai, Kabupaten Kolaka Utara terpilih dalam pencanangan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) tahun 2022.

Dari 5 desa yaitu Desa Katoi, Desa Lelewawo, Desa Pohu, Desa Pitulua, dan Desa Lapasi-pasi yang diusulkan ke BPS Pusat, Desa Lapasi-pasi akhirnya yang terpilih.

Kepala BPS Kolut, Sidik mengatakan, program Desa Cantik bertujuan untuk mengindentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki oleh desa dalam rangka mengentaskan kemiskinan. Nantinya, pihak BPS akan melakukan pembinaan kepada desa yang terpilih setelah pencanangan Desa Cantik tahun 2022 digelar.

Disebutkan, saat ini BPS sedang melakukan identifikasi kebutuhan data desa, serta pemutakhiran internal. Sementara penilaian Desa Cantik tahap pertama akan dimulai pada Agustus mendatang.

“Tahap pertama akan dilakukan pengumpulan data,” ucapnya.

Tahapan penilaian Desa Cantik yang akan dimonitor langsung oleh pihak BS Pusat dan BPS Sultra akan selesai pada November 2022 mendatang.

“Minggu pertama dan kedua November itu sudah dilakukan penyerahan Awards kepada Desa Cantik bersama Pembina Statistik Desa. Kalau ini berhasil masuk pada 10 besar di tingkat nasional setelah itu baru kita melakukan penyusunan laporan BPS Provinsi dan BPS Kabupaten Kolaka Utara,” terangnya.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment