Jadi Narasumber, Kadis Dukcapil Kolut Paparkan Keberhasilan Inovasi Si LAKU02T

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Utara, Drs.Buhari,M.M menghadiri undangan kegiatan Rapat Pelayanan Publik yang bertajuk sosialisasi PEKPPP dan Inovasi Pelayanan Publik oleh
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Biro Organisasi.

Kehadiran, Buhari kali ini sebagai narasumber pada kegiatan pembinaan inovasi di Lingkup Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tenggara yang bertajuk replikasi inovasi Si LAKU 02T

Kegiatan tersebut di hadiri baik dari Kepala Biro, Kepala Badan, Kepala Dinas, Direktur RSUD Bahteramas,Kepala UPTB Samsat Kendari dan Koltim maupun dari 17 Kabupaten dan Kota yang pusatkan di Hotel Kubah 9 di Kendari pada Kamis (25/4/2024)

Dalam rapat itu, Buhari memaparkan tingkat keberhasilan yang dicapai oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kolaka Utara tidak lepas dari Inovasi Si LAKU O2T yang dibentuk pada tahun 2020 sehingga sampai sekarang menjadi pilar utama dengan memiliki 12 sub Inovasi dengan metode memberikan kemudahan dan mendekatkan layanan Adminduk kepada masyarakat.

“sehingga mendapat apresiasi dari KemanPAN RB, di mana sebelumnya tahun 2022 Inovasi Si LAKU O2T meraih penghargaan TOP 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) KemenPAN RB,” ungkap Buhari kepada Wartawan saat dikonfirmasi melalui Via WhatsAppnya.Minggu (28/4/2024)

Selain itu,Buhari juga menyebut prestasi ini juga tidak lepas dari kinerja dan kedisiplinan tinggi seluruh pegawai Dukcapil Kolaka Utara, tetapi disisi lain inovasi juga memainkan peran sentral dalam meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan Adminduk.

” Inovasi ini juga 3 kali mendapat apresiasi dari Dirjen Dukcapil Kemendagri sebagai narasumber acara Ngopi Bareng Dukcapil kerjasama dengan TV Desa, dan acara Dukcapil Belajar,” sebutnya

Menurut, Buhari pihaknya juga mendapatkan surprise dari KemenPAN RB bisa menjatuhkan pilihannya kepada Inovator Si LAKU O2T untuk sharing knowledge Inovasi.

” Terlebih dari Asisten Deputi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik, Bapak Ajib Rakhmawanto
menyampaikan bahwa “Kalau pak Kadis siap, saya akan libatkan kembali ke daerah lain untuk acara yang serupa,” ucap Buhari mengukutip

Berikut paparan Inovasi Si LAKU O2T (Sistem Layanan Adminduk Kolaka Utara Offline Online dan Terintegrasi) merupakan inovasi layanan yang ramah, mudah, cepat dan gratis serta bebas pungli/calo, di mana mengurus Adminduk di Dinas Dukcapil Kabupaten Kolaka Utara cukup dari rumah, tidak perlu jauh ke kantor Dukcapil atau paling jauh ke kantor desa/kelurahan.

INOVASI Si LAKU O2T berupaya mengubah adagium “kalau bisa dipersulit, mengapa harus dipermudah”. Jargon birokrasi pelayanan masa lalu ini sudah tidak cocok di jaman now, sehingga harus dibalik “kalau bisa dipermudah, mengapa harus dipersulit.

Inovasi Si LAKU O2T dibentuk pada awal bulan April 2020, awalnya hanya beberapa sub inovasi, hingga kini berjalan kurang lebih 4 tahun, sudah memiliki 12 sub inovasi yang bersinergi.

Ke-12 Sub INOVASI Si LAKU O2T adalah :

  1. LA OFTAMU DI KANTOR (Layanan Offline/Tatap Muka di Kantor yang buka pelayanan setiap hari termasuk Sabtu, Minggu dan Libur Nasional, kecuali libur hari raya Idul Fitri, Idul Adha dan Tahun Baru Masehi).
  2. LA ONDUKU DI RUMAH (Layanan Online Dukcapil Kolaka Utara yang bisa dilakukan
    dari rumah dengan mengakses website : https://dukcapil.kolutkab.go.id ).
  3. LA TERINTEGRASI (Layanan Terintegrasi 3 in 1, 5 in 1, mengurus satu dokumen mendapatkan tiga atau 5 dokumen Adminduk).
  4. LA JEBOLA KE DESA (Layanan Jemput Bola Adminduk sampai ke titik pemerintahan paling bawah (desa/kelurahan) untuk semua layanan dokumen Adminduk.
  5. LA JEBOLA KE SEKOLAH (Layanan Jemput Bola Adminduk ke Sekolah untuk perekaman KTP EL Pemula dan KIA).
  6. LA JEBOLA KHUSUS (Layanan Jemput Bola Adminduk Khusus bagi penduduk rentan/berkebutuhan khusus seperti Lansia, Sakit, Disabilitas, OdGJ dan lain – lain).
  7. LA JEBOLA IKD (Layanan Jemput Bola Identitas Kependudukan Digital/KTP Digital ke OPD, Kecamatan, Puskesmas, Sekolah).
  8. LA CEDOKA DI KANTOR DESA (Layanan cetak dokumen Adminduk di Kantor Desa/Kelurahan dengan gratis, biaya ditanggung oleh APBDes).
  9. LA KURIR ANDA KE RUMAH (Layanan Kurir Antar Dokumen Adminduk ke Rumah dengan gratis, biaya ditanggung oleh Pemda (APBD) Kab. Kolaka Utara).
  10. LA KATRINE BUNDA (Layanan Kado Three In One untuk Ibu dan Anak yaitu bagi warga yang melahirkan di Faskes (RS/PKM) langsung mendapatkan 3 dokumen Adminduk berupa KK, KIA dan Akta Kelahiran).
  11. LA PENGADUAN ONLINE (Layanan Pengaduan dan Konsultasi secara Online dengan mengakses Website : https://dukcapil.kolutkab.go.id
  12. ANUGERAH DUKCAPILKU (Pemberian penghargaan kepada pelaksana layanan/pegawai Dinas Dukcapil Kolaka Utara yang berkinerja terbaik).

Si LAKU O2T (Sistem Layanan Adminduk Kolaka Utara Offline Online dan Terintegrasi) dengan tema “spirit memberikan layanan yang membahagiakan masyarakat”.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment