KPU Kolut Gelar Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Rapat pleno terbuka Rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Kolaka Utara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di gelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) selama tiga hari di Jum’at – Minggu (1-3/3/2024) yang dipusatkan di salah satu Hotel di Lasusua, Jum’at (1/3/2024)

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Kolaka Utara (Kolut) AKBP Arif Irawan, S.H.,S.I.K.,M.H bersama Penjabat (Pj). Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP.,MA, Ketua DPRD, Buhari, S.Kel.,M.Si, Perwakilan Kejari, Rijal Saputra, S.H, Perwakilan Pengadilan Lasusua, Ranggi, S.H, Kadis Dukcapil, Drs. Buhari, M.M, Perwakilan Kesbangpol, Alamsyah, S.Sos, Perwakilan Kodim 1412 Kolaka, Serma Irwan M dan Serda Muhlis, Kasi Penegakan Satpol PP, Suhardi, S.Sos.,M.Si, Ketua Bawaslu, Rusdi, S.IP beserta anggota, Hatisnah, S.Pd dan Mirnawati, S.M.

Selain itu selaku penyelenggara rapat pleno terbuka, Ketua KPU, Nurgalia bersama anggota, Misbahudin, S.Pdi, Aswar, S.H, Supyan, S.H dan Robi, S.Kep.,Ns, Sekretaris, beserta Kasubag, Ketua dan anggota PPK dari 15 Kecamatan, para saksi parpol peserta pemilu, tahun 2024, para saksi Paslon Presiden dan Wakil Presiden RI, para saksi DPD.

Ketua KPU Kabupaten Kolaka Utara Nurgalia menyampaikan, rasa terima kasihnya atas kerjasama dari seluruh Stakeholder dengan penyelenggara Pemilu, sehingga bisa mencapai pada tahapan rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi ditingkat Kabupaten ini.

” Kami ucapkan Terima kasih atas kehadirannya pada pagi hari ini kita berkumpul bersama dalam menyaksikan pembukaan rapat pleno Rekapitulasi Penghitungan perolehan suara Pemilu Tahun 2024 tingkat Kabupaten Kolaka Utara “, ujar Nurgalia dalam sambutannya. Jum’at (1/3/2024)

Lebih lanjut, Nurgalia mengatakan pihaknya juga memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kapada seluruh rekan-rekan kami dan para penyelenggara Pemilu di tingkat bawah tanpa mengenal rasa lelah demi tugas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara Pemilu.

” Kami juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas dukungan daripada TNI-Polri, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Pimpinan Parpol, Tomas serta tentunya Pemerintah Kabupateb Kolaka Utara yang memikiki peran Strategis dalam mensukseskan Pemilu Tahun 2024 ini,” katanya

Menurut, Nurgalia salah satu Indikator Utama pelaksanaan Pemilu tahun 2024 adalah tingkat partisipasi Pemilih dan harapan kami kesuksesan pencapaian target partisipasi Pemilih Tahun ini lebih tinggi di banding pemilihan umum sebelumnya.

Setelah selesai tahapan penghitungan suara ditingkat PPS sehingga dapat pula terlaksana penghitungan suara ditingkat PPK. sesuai amanat undang-undang No 7 Tahun 2017 tetap dilaksanakan secara manual dengan mengacu pada Hasil C1 yang telah di tetapkan di TPS.

” Besar harapan kami melalui rapat Pleno Rekapitulasi hasil Penghitungan Perolehan suara Pemilu Tahun 2024 ini bisa melahirkan kesepahaman dan kesepakatan yang berujung pada Harmonisasi bersama,” ungkapnya

Ditempat yang sama, Penjabat (Pj). Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP.,MA, mengungkapkan dalam momentum yang berkah ini mari kita renungkan betapa berharganya hak suara yang telah di lakukan oleh warga Kolaka Utara pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu, hak suara tersebut adalah manifestasi langsung dari masyarakat.

Sejarah telah membuktikan bahwa proses demokrasi, merupakan pondasi yaang kokoh bagi kamajuan suatu bangsa oleh karena itu proses pemilu harus berlangsung secara transparan jujur dan adil.

Hasil Pemilu bukanlah akhir dari perjuangan namun justru marupakan awal dari tanggung jawab yang besar, tanggung jawab untuk untuk menjaga kepercayaan kepada rakyat dan amanah yang di berikan untuk terus bekerja keras dalam mewujudkan dan memajukan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Kolaka Utara. dan kami sering memantau sebelum dan pasca pemilu baik di Kecamatan Kecamatan hingga hari ini

” Saya juga mengucapkan Terima kasih banyak kepada TNI, Polri serta penyelenggara Pemilu seperti KPU bersama dengan Bawaslu yang telah berkerja dengan baik sehingga proses Pemilu di Kabupaten Kolaka Utara berjalan dengan baik. Alhamdulillah Kabupaten Kolaka Utara pada Pemilu Tahun 2024 tidak ada PSU ini berkat kerjasama dari kita semua,” kata Sukanto Toding saat menyampaikan kata sambutannya

Sukanto Toding menjelaskan saat ini hasil penghitungan perolehan suara Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Kolaka Utara akan kita saksikan bersama mari kita lihat hasil tersebut merupakan cerminan dari kehendak rakyat Kolaka Utara, dan mari kita terima dengan lapang dada dan dewasa. Karena Hasil Pemilu bukan akhir dari segalanya tapi awal dari dan perjalanan kita yang masih panjang.

” Setelah Pemilu Tahun 2024 ini, akan ada momen lagi Pesta Demokrasi, yaitu Pilkada. Oleh karena itu, Mari kita bangun Kolaka Utara dengan baik semoga Allah SWT selalu bersama kita semua”, tandasnya.

Terpisah, Kapolres Kolaka Utara, AKBP Arif Irawan, S.H.,S.I.K.,M.H mengungkapkan. bahwa Kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Kolaka Utara ini, di rencanakan selama 3 tiga hari, di mulai dari hari ini, Jum’at -Minggu tanggal 01 Sampai Dengan 03 Maret 2024.

Dimana selama Kegiatan Rapat Pleno tersebut dilakukan, pihaknya telah menurunkan personil untuk melakukan Pengamanan, agar seluruh proses pesta demokrasi pemilu 2024 di Kabupaten Kolaka Utara, dapat berjalan dengan, Aman, Damai, Jujur, Adil dan Transparan.

” Kita juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kolaka Utar, juga kepada para saksi, calon yang telah bersama-sama menjaga Situasi Kamtibmas yang kondusif sejak dari tingkat TPS hingga Kabupaten. Mari sama-sama kita menjaga agar situasi tetap aman kondusif dalam kegiatan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu tahun 2024 tingkat Kabupaten Kolaka Utara ini,” ucapnya

Laporan : Ahmar

Editor

Comment