Longsor Susulan Kembali Menutupi jalan Desa di Kolut

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, LASUSUA — Longsor susulan kembali menutupi jalan Desa Bukit Baru, Kecamatan Batu Putih, Kolaka Utara (Kolut).

Akibatnya, jalan yang menghubungkan Desa Bukit Baru dengan desa lain tertutup. “Bahkan, beras sebanyak 3 ton yang akan disalurkan kepada warga, masih tertahan di desa tetangga karena akses jalan tertutup,” kata kepala Desa Bukit Baru, Mustamin Rapi, kepada TOPIKSULTRA.COM, Sabtu, (15/8/2021) via whatsapp.

Menurutnya, longsor tebing di dusun I, baru saja diperbaiki Dinas PUPR Kabupaten Kolaka Utara pada hari Rabu lalu, (4/8/2021). Namun, longsor kembali terjadi, bahkan lebih parah dari sebelumnya. “Bahu jalan tertimbun hingga 30 meter,” ujarnya.

Mustamin mengimbau pengguna jalan agar tidak melintas sendiri. Begitu pun pengendara sepeda motor agar lebih hati-hati karena jalannya tertimbun lumpur.

“Selalu waspadai potensi longsor susulan tebing yang sewaktu-waktu terjadi,” katanya.

Menurutnya, Dinas PUPR Kolaka Utara sudah pernah mendatangkan excavator yang berukuran kecil untuk memperbaiki kerusakan jalan, tetapi berselang beberapa jam setelah alat berat tersebut kembali, longsor susulan tebing kembali terjadi dan menutup bahu jalan.

“Sudah memasuki dua pekan, tanah dari atas terus bergerak turun menutup bahu jalan, kami khawatir akan terjadi kecelakaan,” katanya.

Mustamin berharap, Dinas PUPR kembali mengirimkan bantuan excavator kapasitas besar, sehingga bisa digunakan untuk menancapkan kayu balok untuk menyangga longsoran tebing. “Kami sudah membeli kayu balok untuk dijadikan turap penahan,”ujarnya.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kolaka Utara, Mukramin, mengatakan longsor tebing di Desa Bukit Baru sudah ditangani. Namun, longsoran tanah terus bergerak pada saat hujan turun. “Kami minta pihak pemerintah desa untuk menyiapkan kayu tiang pancang setelah selesai digusur,” tuturnya.

Mukramin memastikan, dalam Waktu dekat ini akan┬ákembali membenahi jalan yang rusak di wilayah Desa Bukit Baru.”Ketika ada alat kami yang sudah lowong, langsung kita kirim menuju lokasi.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment