Rapor Biru Buat PT Ceria

Berita, Kolaka163 Views
banner 468x60

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — PT Ceria Nugraha Indotama (CNI) selaku pemegang Wilayah Ijin Usaha Pertambangan (WIUP) yang beroperasi di kecamatan Wolo, mendapat rapor biru dalam program penilaian peringkat kinerja (proper) perusahaan dalam pengelolaan lingkungan yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2020.

Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tenggara, Ansar mengaku kagum dengan PT CNI, sebagai perusahaan baru dan pertama kali diusulkan di Kementerian KLHK untuk mendapatkan penilaian kinerja lingkungan, ternyata sudah mendapat rapor biru. “Proper ini, kalau di bidang pemerintahan sama dengan penilaian Adipura,” kata Ansar saat menghadiri acara konsultasi publik Amdal terpadu PT CNI di Balai Pertemuan Desa Ponre Waru, Kecamatan Wolo, Sabtu (20/6/2020).

Penilaian proper, memosisikan perusahaan memperoleh citra / reputasi sesuai pengelolaan lingkungannya. Citra tersebut dinilai dengan warna emas, hijau, biru, merah dan hitam.

Menurutnya, selain PT CNI, juga ada beberapa perusahaan tambang di Sultra yang diusulkan, tapi hanya PT CNI yang keluar hasil propernya.

“Biasanya ketika pihak kami mengusulkan perusahaan pada kementerian KLHK tidak ada satupun nama Perusahaan yang keluar. Tapi usulan kali ini, untuk PT CNI selaku Pemegang WIUP di Kecamatan Wolo langsung mendapatkan hasil yang baik dengan Proper Biru,” ujarnya.

Menurut sepengetahuan Ansar, saat ini, untuk di Sultra perusahaan yang diusulkan mengikuti proper dan telah mendapat rapor biru adalah perusahaan BUMN PT Antam dan PT PLN. Sementara untuk perusahaan swasta, baru PT CNI.

“Saya berharap kedepannya, PT CNI tidak hanya mendapat rapor biru, tapi bisa rapor emas,” tuturnya.

Namun, menurutnya, semua ini tergantung manajemen perusahaan dibawah pembinaan dan pengawasan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten, apalagi jika melihat konsultasi publik yang diselenggarakan dinilai sukses, sebagai pertanda Perusahaan itu sehat.

“Kalau PT Ceria lebih bagus lagi, saya akan informasikan perusahaan lain supaya dijadikan contoh, sekaligus supaya studi banding di PT Ceria,”katanya.

Laporan: Azhar Sabirin

Editor

Comment