Rektor USN Kolaka Kukuhkan 845 Wisudawan

TOPIKSULTRA.COM KOLAKA, — Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Azhari mengukuhkan 845 wisudawan dalam wisuda USN ke-10 di salah satu hotel di Kolaka, Rabu (24/11/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh civitas akademika USN Kolaka, Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa, Dandim 1412 Kolaka Letkol Inf. Risa WP Setiawan, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor USN Kolaka, Azhari mengucapkan selamat kepada para wisudawan. Pada kesempatan itu, Azhari juga berpesan kepada wisudawan untuk mulai berpikir ke depan.

“Anda sekarang ini sudah sarjana, dan sebagai sarjana pasti anda sudah dewasa. Sebagai orang dewasa yang sudah sarjana harus mulai menggunakan akal pikiran yang sehat tentang apa dan bagaimana kehidupan ananda selanjutnya,” pintanya.

Kata dia, banyak mahasiswa saat ini yang bercita-cita menjadi PNS. Padahal, lanjut dia, masih banyak profesi yang lebih bermanfaat dan menguntungkan ketimbang menggantungkan cita-cita menjadi PNS.

“Setelah ini janganlah hanya berpikir sedikit-sedikit untuk jadi PNS. Yang paling sederhana adalah mencoba menjadi pedagang atau bertani itu lebih bermanfaat ketimbang bercita-cita jadi PNS,” katanya.

“Jangan pernah malu dalam kehidupan ini selagi itu tidak melanggar hukum dan tidak mengambil hak-hak orang lain. Kita harus berusaha untuk masa depan yang akan datang, kalau kita berusaha apa saja bisa terlaksana dengan baik,” sambungnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Azhari “pamit” kepada para tamu undangan dan wisudawan. Pasalnya, pria yang telah menjabat sebagai Rektor USN Kolaka sejak 2004 itu akan mengakhiri masa jabatannya pada Juli 2022 mendatang.

Ketua panitia pelaksana, La Alu menambahkan, wisuda kali ini merupakan wisuda ke-10 pasca USN Kolaka ditetapkan sebagai perguruan tinggi negeri.

Kata dia, pelaksanaan wisuda tahun ini sedikit berbeda dengan wisuda tahun 2020 kemarin. Kalau wisuda tahun 2020 dilakukan dalam tiga hari, sementara tahun ini dilakukan dalam sehari.

“Kali ini kita laksanakan cuma sehari. Kalau yang lantik wisudawan itu tetap orang tua mereka,” sambungnya.

Disebutkan, USN Kolaka melaksanakan wisuda dua kali dalam setahun, yakni pada 2 April bertepatan dengan penetapan penegerian USN, kemudian pada 19 November disesuaikan dengan nama kampus.

“Sebenarnya 2 kali dalam setahun kita laksanakan, tapi karena saat ini masih Corona makanya tidak bisa kita laksanakan 2 kali,” pungkasnya.

Pelaksanaan wisuda USN Kolaka ini tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Para wisudawan diwajibkan menggunakan masker selama acara berlangsung. Selain itu, setiap wisudawan hanya diperkenankan didampingi oleh satu orang pendamping. (adv)

Comment

Topik Hari Ini