Runway Bandara Sangia Nibandera Akan Ditambah 350 Meter

Berita, Kolaka238 Views
banner 468x60

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Landasan pacu (runway) bandara Sangia Nibandera saat ini memiliki panjang 1.850 meter. Rencananya, runway bandara Sangia Nibandera akan ditambah menjadi 2.200 meter.

Kepala bandara Sangia Nibandera, Hery mengungkapkan, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan, menaruh perhatian lebih pada peningkatan infrastruktur bandara yang menjadi kebanggaan masyarakat Bumi Mekongga itu. Untuk meningkatkan runway bandara Sangia Nibandera, dibutuhkan kesiapan lahan.

“Kalau kesiapan lahan itu domainnya ke pemerintah daerah. Kami support di infrastruktur, pemerintah daerah support ke lahan. Jadi harus ada kerjasama,” ujar Hery, saat ditemui di bandara Sangia Nibandera, Sabtu (8-2-2020).

Menurut Hery, dengan tambahan kapasitas bandara, akan mendatangkan pesawat dengan kapasitas yang lebih besar. Selain itu, peningkatan dari sektor ekonomi, hingga kunjungan wisatawan dari luar Kolaka diyakini akan meningkat.

“Kami sudah jalin komunikasi dengan pemerintah daerah. Bahkan syarat formal maupun secara informal sudah kami lakukan ke pemda Kolaka, dan respon bupati sangat positif inginkan bandara ini lebih bagus lagi,” kata Hery.

Saat ini, pesawat yang mendarat di bandara Sangia Nibandera hanya dua maskapai penerbangan yakni Wings Air dan TransNusa dengan kapasitas 70 orang. Bandara Sangia Nibandera, sebut Hery, melayani tiga kali penerbangan mulai pagi hingga siang hari.

“Kalau landasannya ditambah, tentu bisa mendatangkan pesawat yang lebih besar dengan kapasitas 120 orang. Apalagi, maskapai Citylink mengutarakan niatnya untuk membuka penerbangan di sini” katanya.

Laporan: Azhar Sabirin

Editor

Comment