Sambut Musda Ke IV, HKM Kolut Gelar Lomba Layang-Layang

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM,KOLAKA UTARA – Sebanyak 162 peserta dari berbagai kecamatan hadir di lokasi taman Jalur By Pass, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara ( Kolut ) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti lomba layang-layang pitu-pitu dan keindahan yang digelar Himpunan Keluarga Makassar (HKM) Kolaka Utara.

Kegiatan lomba tersebut dalam rangka menyambut Musyawarah Daerah ke-IV HKM Cabang Kolaka Utara yang berlangsung selama empat hari (17-26) di taman Jalur By Pass Lasusua, Minggu (17/12/2023).

Lomba layang-layang pitu-pitu dan Keindahan dibuka langsung oleh Penjabat (Pj). Bupati Kolaka Utara,Dr. Ir. Sukanto Toding melalui Ketua Dewan Adat Patowonua, Dr. Masmur Lakahena, S.S.M.Si dan disaksikan sejumlah perwakilan OPD, Kapolres Kolaka Utara,Danramil Lasusua,1412-03 serta seluruh peserta dan masyarakat sekitar.

Masmur Lakahena mengatakan, kegiatan ini sangat langka dan menyenangkan. Kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena masih diberikan kesempatan menyaksikan lomba seperti ini.

“Dan kelihatannya sudah ditunggu – tunggu oleh masyarakat sekitar serta para pecinta layang – layang. Ini olahraga campur hiburan sehingga membuat kegiatan ini sangat luar biasa,” ujar Masmur Lakahena saat memberikan sambutan pada acara pembukaan lomba. Minggu (17/12/2023)

Lebih lanjut, Masmur Lakahena mengatakan, hakekat daripada kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi secara internal untuk mempererat tali persaudaraan antara keluarga Makassar yang berasal dari berbagai Kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel) datang di Kabupaten Kolaka Utara dan bersatu dalam Himpunan Keluarga Makassar (HKM).

“Mengapa ini penting adanya himpunan karena untuk menyatukan seluruh keluarga dan menampung aspirasi, kalau ada terjadi sesuatu seperti ada keluarga sakit sehingga dapat berbagi empati, begitu juga yang sudah berhasil bisa mengayomi yang belum berhasil ditanah perantauan,” ungkapnya.

Menurut Masmur Lakahena, Kolaka Utara ini jangan jadikan tanah perantauan tetapi jadikan bagian dari HKM dan tumbuhkan rasa persaudaraan yang kuat dan kokoh.

” Siapa pun yang datang di wilayah ini adalah saudara kita. Jadikan Kolaka Utara sebagai milik kita,” jelasnya

Masmur Lakahena berharap kepada HKM tidak ada lagi kata perantau atau pendatang karena yang kita inginkan dari himpunan ini adalah mereka bagian dari kita sebagai putra daerah Kolaka Utara.

“Jadi saya harap kepada HKM harus mengatakan Kolaka Utara milik kami juga dan itulah kita dorong terus sehingga dapat benar – benar berjalan dengan baik serta menciptakan hubungan silaturahmi dan tali persaudaraan kita semakin kokoh,” harapnya.

Selain itu, Masmur Lakahena juga menyampaikan olahraga ini merupakan ajang perlombaan yang sangat menyenangkan dan bahkan lebih banyak hiburannya.

” Kita datang kesini untuk menyenangkan diri keluar dari hiruk pikuk dari berbagai permasalahan. Mari kita menonton lomba layang-layang ini dengan tepuk tangan meriah dibarengi hati riang gembira,” katanya

Pihaknya juga mengajak kepada seluruh warga yang hadir untuk menyaksikan layang -layang beradu di udara dengan nyaman dan tanpa ada dendam dan dengki.

“Kalau dia kalah dan akhirnya putus tapi dia juga kembali ke tanah Kolaka Utara,” ucapnya.

Laporan : Ahmar

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment