Antam Kucurkan Dana Program Kemitraan Sebesar Rp 4 Miliar

Berita, Kolaka1103 Views
banner 468x60

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — PT Antam Tbk UBPN Sultra akan kembali menyalurkan dana program kemitraan kepada para pelaku usaha kecil dan mikro (UMK). Tahun ini, Antam menargetkan penyaluran dana program kemitraan senilai Rp 4 miliar.

Asisten Manajer Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) PT Antam UBPN Sultra, Maemanah menyebutkan, jumlah mitra binaan Antam sampai tahun 2019 yaitu sebanyak 1880 orang yang tersebar di Sulawesi Tenggara.

Program kemitraan bina lingkungan ini meliputi berbagai bidang seperti sektor perdagangan, pertanian, perikanan perkebunan, industri, dan jasa. Dari semua sektor tersebut, yang dominan adalah sektor perdagangan. Sementara jumlah mitra terkecil adalah sektor perkebunan.

PT Antam Tbk UBPN Sultra menampilkan berbagai produk mitra binaan pada Kolaka Expo 2020

Menurut wanita yang akrab disapa Ana itu, Kabupaten Kolaka terkenal dengan simbol Kota Kakao, namun mitra binaan Antam yang bergerak di bidang pertanian khususnya kakao belum ada. Karena itu ia berharap agar instansi terkait bisa membenahi kembali para petani kakao.

“Harapan akhirnya nanti, Kolaka akan dikenal bukan hanya kakao nya saja tapi sudah dalam bentuk coklat kemasan,” kata Ana saat menghadiri Dialog Publik di Kolaka Expo 2020, Selasa (25-2-2020) malam.

Kata dia, Antam sudah berikan bantuan permodalan dengan jasa yang sangat rendah yakni 3 persen pertahun. Meski begitu, tingkat pengembalian mitra binaan masih sangat rendah.

“Sebagian mitra binaan Antam mengganggap bahwa itu adalah dana hibah,” ujarnya.

Untuk penanganan mitra macet, kata Ana, pihaknya akan melakukan analisa terlebih dahulu. Apabila macetnya disebabkan failed atau adanya musibah usaha, maka akan dilakukan pembaharuan kontrak.

“Namun bila di luar dari masalah di atas, tetap akan diwajibkan pengembalian angsurannya,” tegasnya.

Laporan : Azhar Sabirin

Editor

Comment